Siluman Ular Di Indonesia

Help US With Share

Salah satu makhluk gaib yang terkenal yaitu siluman, dan yang paling banyak dikenal adalah siluman ular. Eksistensi dari siluman ular ini sering dianggap sebagai mitos atau legenda belaka, namun banyak juga yang menganggap sosok mistis ini benar-benar ada.

Dari zaman nenek moyang Jawa sampai sekarang, mitos atau legenda siluman ular ini masih mendampingi cerita-cerita dalam hidup kita. Ada beberapa siluman ular di Indonesia, bahkan salah satunya merupakan yang terbesar di dunia. Berikut adalah siluman ular yang ada di Indonesia.

ULAR BARUKLINTING

Salah satu siluman ular terbesar di dunia yaitu, Ular Baruklinting. Ular Baruklinting ini sangat terkenal di Jawa, lantaran panjangnya mencapai 12 KM. Konon, siluman ular ini merupakan anak dari Ki Ageng Mangir.

Saat Ular Baruklinting ini mencari bapaknya, Ki Ageng Mangir tidak mau menerima anaknya jika tidak bertapa terlebih dahulu supaya berwujud manusia.

Menurut penduduk di sekitar Gunung Merapi, Ular Baruklinting selalu menjulurkan lidahnya. Lalu Ki Ageng Mangir memotong lidahnya, dan potongan lidah siluman ular tersebut menjadi pusaka tombak kyai baruklinting.

ULAR NYI BLORONG

Bagi yang suka mengikuti kisah mistis, tentu tidak asing dengan pesugihan Nyi Blorong. Nyi Blorong merupakan perempuan yang sangat jelita, namun saat berubah bisa menjadi siluman ular yang sangat panjang dan besar. Nyi Blorong merupakan siluman ular yang panjangnya kurang lebih 30 sampai 50 meter. Yang sering melihat penampakan dari Nyi Blorong adalah orang yang bersekutu secara mistis dengan Nyi Blorong.

ULAR PUTIH RAKSASA

Siluman ular ini menghuni goa angker yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur. Pernah ada yang cerita, penduduk di NTT sedang memandu wisata orang Australia, dan di kedalaman goa tersebut menemukan ular putih raksasa.

Saat pemandu bersama turis tersebut datang, terlihat siluman ular raksasa yang ukurannya 23 meter, dan besarnya sebesar badan orang dewasa. Hingga saat ini, masyarakat di sana kadang melihat sosok gaib tersebut berkeliaran.

ULAR SILUMAN TANGKALALUK

Siluman ular ini berada di daerah Borneo Kalimantan, dan diperkirakan panjangnya sekitar 12 meter. Kesaktian siluman ular ini yaitu dapat menirukan suara ayam, suara kambing, bahkan suara rusa. Kemampuan ini digunakan untuk mengelabui orang-orang di sekitarnya, serta hewan-hewan di sekitarnya.

Habitat ular siluman Tangkalaluk ini berada di pertengahan hutan Kalimantan. Terkadang saat musim hujan, ular siluman ini sering menampakkan diri secara gaib di Borneo, Kalimantan.

ULAR RAKSASA BERJENGGER

Ular raksasa berjengger merupakan salah satu siluman ular terbesar Indonesia. Makhluk mistis ini sering muncul saat musim hujan, terutama saat banjir. Keberadaan siluman ular ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah. Siluman ular ini juga dapat menirukan suara ayam, suara kambing, suara babi hutan, dan suara rusa.

Tempat tinggal favorit ular siluman berjengger ini adalah di pinggir sungai Jawa Timur dan Jawa Tengah. Besarnya ukuran siluman Berjengger ini kurang lebih 15 meter. Biasanya, saat banjir besar ular Berjengger ini akan muncul. Penampakan gaib siluman ular ini sering terjadi di sekitar Gunung Wilis, Jawa Timur.

ULAR NABAU

Siluman ular Nabau ini menduduki sungai di pedalaman Kalimantan, terutama di sungai Mahakam. Panjang siluman ular nabau dapat mencapai 50 sampai 80 meter, terkadang banyak nelayan melihat penampakan siluman ular Nabau ini. Warna dari siluman ular Nabau ini agak gelap, selain itu kepalanya mirip dengan kepala naga.

ULAR NAGA GENDENG

Masyarakat di sekitar pegunungan Gendeng sudah tidak asing lagi dengan siluman ular Naga Gendeng. Pegunungan Gendeng ini membujur dari wilayah Jawa Tengah sampai daerah Jawa Timur.

Konon, di pegunungan Gendeng bersemayam penunggu mistis bernama Ular Naga Gendeng. Kehidupan siluman ular ini berlangsung di sungai bawah tanah, tepatnya di kaki gunung Gendeng. Terkadang, siluman ular ini muncul menampakkan diri saat musim penghujan. Waktu penampakannya sering saat banjir tiba, antara bulan Januari sampai Februari.

Pernah ada kisah bahwa wilayah gunung Gendeng di bagian Selatan, ada penduduk yang naik sepeda motor di jalan terjatuh lantaran ada ular melintas di depannya. Panjang dari siluman ular ini kurang lebih di antara 50 sampai 100 meter. Wujud Ular Naga Gendeng ini juga berupa ular berkepala naga.


Help US With Share