Ritual dan Mitos : Tradisi Pernikahan India

Ritual dan Mitos : Tradisi Pernikahan India

Help US With Share

percayagapercaya.com — Nah, mungkin kita sering melihat tradisi pernikahan India ga secara langsung, tapi pernah dong lihat dari acara televisi?

Ya, bisa dikatakan tradisi India ini memiliki banyak makna nya. Mulai dari ukiran tangan sampai pakaian yang juga menjadi makna bagi pengantin.

Namun ada beberapa tradisi India yang sangat remeh namun masih dipercaya, dan dilakukan sampai sekarang. Apa sajakah? Check it down!

Mahendi Pengantin (ukiran tangan)

Mahendi ini sendiri biasanya dipakai untuk pengantin pria maupun wanita, bentuknya cair dan baisanya di ukirkan dari bagian pergelangan tangan sampai pada jari-jari tangan. Orang India yang percaya bahwa semakin gelap warna mahendi pada tangan maka semakin kuat pula pernikahannya. Adapula mitos lain yang menyebutkan jika mahendi wanita lebih tahan lama dibanding mahendi pria, maka pengantin wanita akan lebih banyak mendapatkan kasih sayang dari mertua dan iparnya.

Pakaian Pengantin

Selain mahendi, ada pula pakaian yang menjadi khas utama pengantin. Biasanya mitos yang ada pada pakaian adalah pengantin dilarang meminjamkan pakaiannya, karena itu dianggap sial (peminjam akan mendapatkan keberuntungan, sebaliknya untuk pemilik baju tersebut).

Anting-Anting

Bukan hanya pada tradisi modren yang harus memakai anting, di tradisi India ini pula juga harus memakai anting-anting. Karena orang India yang mempercayai bahwa memakai anting pada hari pernikahannya itu akan membawa kebahagiaan dalam kehidupannya kelak.

Kaleree

Kaleree adalah perhiasan gantung biasanya diletakkan pada pergelangan tangan pada pengantin perempuan, biasanya juga ornamen dari kaleree ini bewarna merah atau emas.

Kaleree ini juga biasanya digoyangkan sampai lepas pada kepala gadis-gadis yang belum menikah. Jika kaleree ini terjatuh diantara salah satu, maka gadis itu akan segera menyusul pengantin untuk menikah. Ritual yang satu ini biasanya mirip dengan pelemparan bunga.

Menyalakan Lilin

Saat kita melangsungkan pernikahan, biasanya adat India ini dipenuhi dengan lilin yang telah disusun diacara pernikahan itu sendiri. Lilin ini dipercaya untuk melindungi pengantin dari tempat itu, jika dari salah satu lilin ini mati maka dipercaya ada makhluk halus yang sedang berkeliaran.

Menabur Beras untuk Pengantin

Ada juga pelemparan beras kepada pengantin yang dipercaya akan memberikan rezeki yang berlimpah, serta menghadang roh-roh jahat dari kehidupan pasangan pengantin ini kelak.

Penglihatan Pengantin

Masyarakat India yang percaya bahwa pengantin yang melihat kucing hitam atau pelangi disaat hari pernikahan, maka dipercaya dia akan mendapatkan keberuntungan. Sedangkan bagi pengantin yang melihat kuburan yang terbuka, kadal, babi akan dianggap pertanda buruk.

Hujan

Hujan juga dianggap penting bagi ritual India ini, karena banyak yang menganggap hujan adalah sebuah keberkahan apalagi hujan disaat hari pernikahan. Mereka meyakini bahwa pasangan pengantin akan memiliki tingkat kesuburan yang bagus untuk memiliki anak.

Pantangan Kaki Kiri Masuk dalam Rumah

Banyak yang mengatakan, saat pertama kali memasuki rumah mertua harus menggunakan kaki kanan. Karena jika yang digunakan adalah kaki kiri maka itu sebagai pertanda yang buruk bagi pengantin dan keluarga. Ntah itu perceraian ataupun hal yang tidak terduga.

Mengetes Calon Pengantin

Tradisi orang India juga, seminggu sebelum berlangsungnya pernikahan pengantin wanita yang harus memasak chana dal (kue yang bentuknya bulat dan terbuat dari kacang lentil). Setelah masak, kue ini dikirimkan ke rumah calon suami. Tradisi ini dilakukan untuk membuat keluarga si calon suami percaya kemampuan akan si calon wanita.

Mengambil Piring

Dalam tradisi India, pengantin baru akan disuruh untuk mengambil piring yang ada di lantai. Apabila ketika pengantin mengambil piring terdengar banyak suara, maka pernikahan mereka juga penuh dengan perselisihan.

Bulan Purnama

Sebelum melangsungkan pernikahan, maka ada tradisi India yang mengatakan bahwa ketika bulan purnama muncul selama 2 hari maka dipercaya bahwa pernikahan yang dijalani akan dipenuhi dengan kebahagiaan.

Jadi, bagaimana pendapat anda sebagai pembaca? Apakah anda mempercayai mitos dari ritual ini?

BACA JUGA :

ALARM MOBIL TAK BERFUNGSI, JAGA-JAGA!


Help US With Share