Pohon Kamboja, Pemanggil Hantu?

Pohon Kamboja, Pemanggil Hantu?

Help US With Share

percayagapercaya.com – Seperti yang kita tahu, banyak kita jumpai pohon kamboja di pemakaman. Lalu, apakah benar pohon kamboja ini dapat memanggil kedatangan hantu ataupun roh halus?

Pohon kamboja ini adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Kamboja ini populer di Indonesia sejak jaman kolonial. Daerah bagian Indonesia yang paling banyak menggunakan bunga kamboja adalah Bali. Di Bali, kamboja ditanam di berbagai tempat. Disematkan pada belakang telinga menjadikan keperluan adat.

Berbeda pada masyarakat Jawa, tidak banyak mempergunakan bunga kamboja dalam adatnya. Namun mereka malah menanamnya di makam bukan di perkarangan rumah. Kesannya yang terdengar seram, dan konon dapat mengundang roh halus untuk datang.

Asal Mul Kamboja

Kamboja (plumeria) yang ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis. Meskipun dalam Bahasa Indonesianya disebut Kamboja, namun tanaman ini tidak berkaitan dengan negara yang ada, yaitu negara Kamboja (Cambodia).

Bunga kamboja yang memiliki mahkota berwarna putih, dengan bagian tengahnya berwarna kuning. Adapula bunga kamboja yang mahkotanya berwarna merah keunguan. Tinggi pohon ini yang mencapai enam meter, dengan daunnya yang bewarna hijau tua tebal dan lonjong. Serta dikembangkan dengan cara stek batang.

Mitos Pohon Kamboja

Ada masyarakat yang mengisahkan bahwa pohon kamboja ini adalah jelmaan seorang gadis. Usai ditinggal mati oleh kekasihnya, dia menangis dan menunggu dekat pusara. Sampai suatu saat ajalpun menjemput, di tempat dia menunggu itu tumbuhlah sebuah pohon.
Tiap hari pohon ini menggugurkan bunga diatas pusara yang ditinggalkannya. Lambat laun, kamboja ini terkenal sebagai bunga kesetiaan.

Help US With Share