Manfaat Sari Kurma Untuk Bayi

Help US With Share

Kurma dengan nama latin Phoenix Dactylifera merupakan salah satu jenis buah yang dikenal tumbuh di daerah kering. Karena kemampuannya yang baik dalam beradaptasi di daerah kering, kurma memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Memanfaatkan buahnya yang kaya akan manfaat, sari buah kurma pun menjadi pilihan banyak orang karena selain lebih enak dan praktis, sari kurma juga tidak kalah bermanfaat dari buahnya.

Tidak hanya orang dewasa yang dapat merasakan manfaatnya, bayi pun bisa mengonsumsi sari kurma sesuai dengan anjuran yang telah disarankan. Sari kurma bisa diberikan saat bayi sudah berusia enam bulan. Hal tersebut karena dalam sari kurma terdapat kandungan potassium, serat, vitamin, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, sulfur, dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh si buah hati. Berikut beberapa manfaat sari kurma yang baik dikonsumsi untuk bayi.

Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Kebanyakan orangtua berusaha memberikan bayi mereka asupan yang dapat mendukung pertumbuhan gigi dan tulang agar menjadi lebih kuat dan sehat. Walau terlihat seperti buah biasa yang hanya mengandung beragam vitamin, ternyata di dalam sari kurma juga terkandung kalsium dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini tentu dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi sejak dini. Untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan gigi dan tulang bayi yang sehat, sari kurma dapat dikonsumsi secara rutin.

Melancarkan Pencernaan

Salah satu sistem organ tubuh yang terpenting adalah pencernaan. Sebab, semua nutrisi yang didapat dari makanan atau minuman akan diolah dan disalurkan melalui sistem pencernaan. Namun, masih banyak permasalahan pencernaan seperti sembelit yang terjadi pada bayi. Padahal, pencernaan yang sehat bagi bayi sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Untuk mencegah hal seperti itu, bayi dapat rutin mengkonsumsi sari kurma. Sari kurma bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan dengan lebih baik dan lancar. Hal ini karena adanya kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kurma.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata yang terjaga dapat meningkatkan indera penglihatan bayi. Mengonsumsi sari kurma ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mata bayi. Sama halnya seperti wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, dalam sari kurma juga terdapat kandungan vitamin A yang tinggi.

Mencegah Infeksi

Daya tahan tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna.  Dalam masa seperti ini, biasanya bayi akan lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti infeksi. Ada berbagai macam jenis infeksi yang dapat menyerang bayi. Saat sudah terkena infeksi, biasanya akan menjadi semakin buruk saat anak dalam keadaan yang kurang sehat. Untuk mencegah terjadinya infeksi pada bayi, sari kurma dapat dimanfaatkan jika dikonsumsi secara rutin. Sari kurma ternyata dapat membantu mencegah datangnya infeksi karena terdapat kandungan fitokimia yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Menjaga Kesehatan Saraf

Dalam sari kurma terkandung zat potasium yang dapat menjaga sistem saraf. Potasium sendiri merupakan suatu zat utama untuk memperkuat daya ingat dan saraf pada otak manusia. Tidak hanya potassium saja, masih banyak vitamin juga yang terkandung dalam buah asal timur tengah ini yang sangat cocok untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem saraf pada otak bayi sejak dini.

Jadi, tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, manfaat sari kurma juga bisa dirasakan oleh bayi agar perkembangan otaknya tidak terlambat dan dapat tumbuh berkembang sesuai dengan fase usianya.


Help US With Share