Kisah Mistis Di Area Kampus UGM

Help US With Share

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas terbaik di Indonesia yang berada di Yogyakarta. UGM banyak dibicarakan tidak hanya karena pendidikannya yang bagus, selain itu ada mitos yang mengatakan jika kampus ini banyak hantunya.

Beberapa alumni yang sudah lulus kuliah di UGM mengatakan, jika kampus mereka memang angker. Bahkan, banyak makhluk halus yang tersebar di beberapa gedung dan ruangan kelas. Berikut mitos-mitos yang ada di kampus UGM.

MBAK YAYUK

Menurut info dari banyak sumber, Mbak Yayuk dulunya merupakan seorang mahasiswi dari Fakultas Ekonomi. Saat kuliah, ia merupakan mahasiswi yang terbilang rajin. Sayangnya, saat akan sidang skripsinya ditolak oleh dosen pembimbing. Oleh karena itu, Mbak Yayuk menjadi frustasi karena skripsinya tidak kunjung selesai. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk bunuh diri dan menjadi penunggu di Fakultas Ekonomi. Menurut kesaksian para saksi, penampakan Mbak Yayuk dikatakan sering terlihat pada saat sore hingga malam hari.

 

SOSOK BAPAK DI GEDUNG PUSAT

Di Gedung Pusat, ada satu sosok yang tidak kalah terkenal di area kampus UGM. Entah benar atau tidak, cerita ini menjadi terkenal berawal dari 2 mahasiswa yang saat itu sedang belajar di sekitar gedung pusat. Mereka pun duduk di bangku yang ada di sana, kemudian mereka disapa oleh bapak-bapak yang tidak diketahui namanya. Setelah itu, tidak sengaja pena salah satu dari mereka terjatuh, hingga untuk mengambilnya harus menunduk ke bawah. Sang mahasiswa pun terkejut saat menunduk, karena melihat kaki si bapak melayang dan tidak menapak ke tanah. Ia pun segera pamit dan pulang duluan, setelah itu dia mengirim SMS pada temannya dan mengatakan kalau bapak itu bukanlah manusia. Karena takut, si mahasiswa itu pun pamit pulang dengan alasan sudah malam. Sambil menyeringai bapak tersebut berkata, “sudah malam atau sudah tau?” Sejak itu, cerita tentang bapak di gedung pusat mulai menyebar dan dipercaya oleh mahasiswa UGM.

MBAK ROHANA

Selain Mbak Yayuk dari Fakultas Ekonomi, ada pula Mbak Rohana yang berkuasa di jembatan penyeberangan Fakultas Peternakan, Kedokteran Hewan dan Pertanian. Mbak Rohana diduga sering lewat dan mengagetkan mahasiswa. Cerita yang terkenal mengenai pertemuan dengan Mbak Rohana adalah, mahasiswa akan melihat perempuan di jembatan, lalu perlahan ia seperti terjatuh ke bawah. Dengan begitu, yang melihat akan histeris. Namun, saat dilihat tidak ada orang atau apapun yang jatuh.

MOTOR MOGOK DI JL. KINANTHI

Salah satu spot yang terkenal sering terjadi hal mistis adalah, satu jalan yang memisahkan gedung registrasi UGM dan kampus swasta yang mangkrak. Di era 90-2000an, tempat ini sangat terkenal karena banyak pengendara yang mengalami mesin motornya mati saat melewati jalan itu. Hal tersebut terjadi tidak hanya satu ataupun dua kali, melainkan cukup sering terjadi. Banyak orang yang meyakini, jika jalan tersebut ada penunggu yang suka iseng terhadap pengendara yang lewat. Saat sudah melewati jalan tersebut, mesin dapat menyala kembali.

DILARANG MENYANYI ‘GUGUR BUNGA’

Bagi kalangan mahasiswa pascasarjana, ada mitos lainnya yang terkenal. Cerita yang sudah berkembang puluhan tahun ini, melarang siapapun untuk menyanyikan lagu ‘Gugur Bunga’ saat melewati bundaran Teknik pascasarjana UGM. Jika larangan ini dilanggar, maka akan ada sosok yang menghampiri. Cara kedatangannya pun terbilang unik, saat datang dia akan berbau harum namun wujudnya terlihat menyeramkan.

HANTU MAYAT FAKULTAS KEDOKTERAN UGM

Peristiwa mistis ini dialami oleh seorang mahasiswa kedokteran yang akan ujian praktek anatomi tubuh manusia. Saat malam hari, mahasiswa itu didatangi seorang pria tua yang misterius dan memberikan sekumpulan kertas yang berisi soal.

Di esok harinya, ternyata soal yang diberikan oleh pria tua itu merupakan soal ujian yang diujikan hari itu. Mahasiswa itu sangat sangat terkejut saat mengerjakan soal ujian praktek, saat dia buka penutup wajah mayat yang akan dibedah dan ternyata  mayat tersebut adalah pria yang memberikan soal ujian.


Help US With Share