Tempat Angker Di Kalimantan

Help US With Share

Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kalimantan masih memiliki alam yang asri dan minim infrastruktur jalan penghubung antar provinsi. Kalimantan di era modern saat ini masih bagaikan hutan belantara yang penuh dengan rawa dan hutan. Di Kalimantan juga terdapat tempat-tempat yang terkenal angker. Berikut tempat – tempat angker yang ada di Kalimantan.

GUNUNG HALAU HALAU

Gunung Halau Halau merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Selatan, dengan ketinggian yang mencapai 1901 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan tiga kabupaten yaitu kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu. Ada hal yang unik dari gunung ini, yaitu keberadaan sebuah pohon kariwaya yang besar. Pohon ini sejenis beringin berakar besar dan tinggi. Bentuk batangnya sangat unik, karena seperti pintu gerbang yang berlubang besar di tengahnya dan bisa dilalui manusia. Oleh masyarakat Dayak Meratus yang bermukim di sekitar gunung ini, pohon ini sejak dulu sudah dikeramatkan karena angker.

ALAM ROH

Alam roh adalah markas pejuang kemerdekaan rakyat Kalimantan Selatan di masa lampau. Lokasinya sangat terpencil dan jauh dari keramaian kota, tepatnya ada di Desa Pakualam RT 2, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Disini ada Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan sebuah rumah adat Banjar Bubungan Tinggi yang difungsikan sebagai pos penjada dan museum mini tentang sejarah perjuang para pahlawan. Pada bagian tengah, terdapat prasasti kecil yang diatasnya ditancapi tiang bendera merah putih yang sudah usang. Tempat ini sangatlah sepi sejak dulu hingga sekarang, disekitar lokasi juga ditumbuhi hutan dan semak belukar. Tempat ini juga jarang di lewati oleh warga. Dulu, agar aman dari Belanda, oleh warga setempat tempat ini diberi jampi-jampi. Katanya di empat sudut tempat ini ditanami empat jimat yang berfungsi untuk menipu mata para penjajah dan pribumi yang berhianat. Para penjajah dan mata-mata mereka yang memasuki alam roh ini selain tidak bisa melihat keberadaan para pejuang, mereka juga keluar dari tempat ini dalam keadaan tewas. Sangat berbahaya jika berkunjung pada saat malam hari, karena tidak ada lampu penerangan. Jika ingin berkunjung, sebaiknya jangan sendirian dan jangan malam hari karena disekitar sini banyak kejadian mistis. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat uji nyali.

TAHURA SULTAN ADAM

Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam merupakan tempat wisata yang ada di Kalimantan Selatan. Area hutan dan perbukitan ini berada di Jalan Ir Pangeran Mohammad Noor, Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Disini ada reruntuhan rumah orang Belanda yang oleh warga setempat sering disebut benteng Belanda. Menurut warga setempat, dulunya rumah ini dihuni oleh orang Belanda lalu ditinggalkan hingga bertahun-tahun lamanya. Karena telah lama kosong dan terbengkalai, rumah ini jadi berhantu. Hal ini dibuktikan dengan sering adanya penampakan kuntilanak, bahkan di siang hari. Karena sering ada penampakan makhluk halus, akhirnya tempat itu dihancurkan oleh warga.

KILANG MINYAK PERTAMINA

Kilang minyak yang berada di tepi teluk Balikpapan, Kalimantan Timur ini, merupakan pusat pengolahan minyak tanah yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan. Kilang ini sempat berpindah tangan dari pemerintah Belanda ke Inggris, , hingga akhirnya jatuh ke tangan Pertamina. Kilang ini dikenal angker dengan berbagai penampakan sosok hantu tanpa kepala. Kejadian ini tidak hanya dilihat oleh mata, namun juga penampakan di rekaman CCTV. Konon, saat masa penjajahan banyak rakyat yang dipenggal secara sadis di kawasan kilang minyak ini. Karena banyaknya kejadian aneh disini, pihak perusahaan pun rutin menggelar acara selamatan setiap kegiatan pemeliharaan dilakukan.


Help US With Share