Kerajaan Gaib Di Indonesia

Help US With Share

Di jaman modern saat ini, masih ada beberapa kalangan yang percaya tentang kerajaan gaib. Walaupun sulit dibuktikan secara logika atau sains, namun sebagian masyarakat masih meyakini keberadaannya hingga kini. Berikut kerajaan gaib yang diyakini ada di Indonesia.

Kerajaan Paloh

Kerajaan Paloh merupakan kerajaan gaib yang dihuni oleh kaum bunian dengan pemimpinnya adalah raden Sandi. Pemimpin kerajaan yang dipercaya berada di kecamatan Paloh, kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini, konon masih memiliki ikatan darah dengan raja terdahulu dari kerajaan Sambas dan kerajaan Brunei.

Kerajaan ini sangat megah dan sering muncul tiba-tiba di tengah hutan, namun saat akan didekati kerajaan tersebut menghilang. Masyarakat sekitar percaya bahwa kerajaan tersebut ada, namun tidak mau menampakan diri kepada sembarang orang. Sering terjadi kejadian mistis tidak masuk akal di desa setempat yang sering dikaitkan dengan keberadaan kerajaan gaib ini.

Kerajaan Pulomas

Kerajaan gaib Pulomas berada di daerah Indramayu, konon kerajaan ini hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang memiliki penglihatan supranatural. Konon, kerajaan megah ini memiliki tembok kokoh yang dilapisi emas murni. Pemimpin kerajaan ini adalah jin sakti yang bernama raden Werdinata dengan mahapatihnya Jongkara yang memiliki gelar Kalasrenggi.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, kesaktian Werdinata yang melegenda pernah terbukti. Saat terjadi pembabatan hutan oleh raden Wilaodra, raden Werdinata sang penguasa hutan tidak terima dan menginginkan perang hingga 11 bulan lamanya.

Kemudian, mereka akhirnya berdamai dengan bantuan dari raja kerajaan gaib lain bernama Kalacungkring. Syarat perdamaian tersebut adalah raden Wilaodra harus menikahi putri dari raden Werdinata. Hingga saat ini, kepercayaan mengenai keberadaan kerajaan Pulomas masih ada dan dipercaya masih dipimpin oleh raja jin raden Werdinata.

Kerajaan Uwentira

Uwentira diyakini oleh sebagian masyarakat sebagai kerajaan jin terbesar di Sulawesi Tengah. Lokasinya berada di daerah Kebon Kopi, di tengah hutan antara kota Palu dan Parigil Mutong, Sulawesi Tengah.

Pada tempat yang dipercaya sebagai gerbang masuk menuju kerajaan tersebut, dibangun monumen berbentuk persegi panjang berwarna kuning keemasan. Konon, kerajaan Uwentira merupakan kerajaan yang indah dan tiap bangunannya dilapisi warna kuning keemasan.

Walaupun penguasa kerajaan jin ini tidak banyak diketahui, namun Uwentira diyakini memiliki pasukan gaib yang jika semuanya dikerahkan dapat memenuhi seluruh pantai di Indonesia yang dipimpin oleh 7 panglima perang tanpa tanding.

Kerajaan Padang 12

Kerajaan gaib Padang 12 merupakan kerajaan gaib yang juga dihuni oleh kaum bunian, yaitu kaum yang dipercaya memiliki kekayaan yang melimpah. Disebut Padang 12, karena banyak kejadian ganjil di padang yang hanya terjadi di km 12 saja.

Lokasi Padang 12 ada di daerah Ketapang, antara kecamatan Pendawangan dan kecamatan Pesaguhan. Konon, penghuni kerajaan ini adalah para makhluk astral yang baik hati dan senang membantu orang baik. Namun, mereka juga suka menyerang orang yang memiliki niat jahat.

Kerajaan Laut Selatan

Kisah kerajaan gaib laut selatan sudah sangat terkenal di Indonesia. Beberapa kecelakaan laut akibat keganasan ombak pantai selatan sering dikaitkan dengan mitos kerajaan gaib ini. Cerita tentang asal-usul dan penguasa kerajaan tersebut memiliki beberapa versi yang berbeda-beda. Salah satu kisah yang terkenal yaitu versi penguasa kerajaan gaib pantai selatan, Ratu Nilakendra.

Ratu Nilakendra merupakan permaisuri dari prabu Siliwangi, penguasa kerajaan Pajajaran. Pada saat pemerintahan Pakuan Pajajaran runtuh, Prabu Siliwangi mendapatkan desakan dari pihak lain untuk meninggalkan ajaran leluhurnya dan memeluk agama Islam.

Di masa sulit ini, Prabu Siliwangi akhirnya memutuskan melakukan tapa brata untuk mencapai moksa. Sebelum pergi meninggalkan kerajaannya, Sang Prabu berpesan kepada keluarga dan para pengikutnya untuk bebas memilih agama menurut keyakinan mereka sendiri tanpa harus mengikuti jejak hidupnya.

Berbeda dengan pilihan jalan hidup dari ratu Nilakendra, ia lebih memilih untuk bunuh diri dengan menceburkan diri ke laut. Karena sang ratu sakti, dia tidak meninggal di laut. Melainkan, sang ratu melakukan ritual yang dinamakan ritual mekso, yaitu berubah menjadi makhluk gaib dan menjadi penguasa di laut tersebut.

Diyakini, pada saat menceburkan diri ratu Nilakendra sedang hamil. Ratu Nilakendra kemudian melahirkan 2 putri kembar, yaitu Nyi Nilamsari yang konon menjadi penguasa pantai selatan Jawa dengan nama lain Nyi Roro Kidul, dan Nyi Rantamsari yang menguasai pantai utara Jawa dengan nama lain dewi Lanjar.

Kerajaan Alas Purwo

Alas Purwo adalah nama sebuah hutan lindung yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo diyakini sebagai tempat keraton alias singgasana kerajaan jin terbesar di Indonesia. Meskipun pemandangan yang disuguhkan sangat indah, namun memiliki kesan angker dan membuat merinding.

Alas Purwo dipercaya terdapat gerbang menuju dimensi lain, dan diyakini merupakan tempat berkumpulnya jin dan makhluk astral dari seluruh dunia. Raja-raja hindu jaman dahulu yang tidak mau memeluk agama Islam, konon melarikan diri dan mencari perlindungan ke Alas Purwo ini juga.

Alas Purwo memiliki 40 goa, salah satunya yang terkenal adalah Goa Istana. Goa ini sering digunakan orang-orang untuk tempat wingit atau mencari wangsit oleh pejabat hingga artis. Menurut cerita masyarakat asli setempat, Bung Karno konon pernah bertapa dan mencari ketenangan di tempat ini.

 


Help US With Share