Misteri Gunung Galunggung

Help US With Share

 

Sejumlah gunung di Jawa Barat terkenal angker dan penuh misteri, seperti Gunung Salak, Gunung Ceremai, dan Gunung Tangkuban Parahu. Salah satu di antara sejumlah gunung di Jawa Barat tersebut. Ada Gunung Galunggung yang tidak kalah menyeramkan dibanding ketiga gunung yang terkenal angker itu. Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut yang berjarak sekitar 17 KM dari pusat Kota Tasikmalaya.

Panorama pegunungan selalu menjadi objek foto favorit, terutama bagi fotografer. Begitu pula dengan Gunung Galunggung yang terlihat elok saat dilihat dari kejauhan. Anehnya, pesona Gunung Galunggung ini seperti tidak ingin diabadikan dalam lensa kamera. Terbukti banyak fotografer handal yang gagal menghasilkan potret yang cantik dari Gunung Galunggung.

Secanggih apapun kamera yang dipakai, gunung ini selalu terlihat biasa saja di dalam foto. Kontras sekali dengan pemandangan kedua mata kita saat melihat panorama Gunung Galunggung yang sanga cantik. Mitos ini sudah cukup populer di kalangan fotografer, karena hingga kini belum yang dapat mengabadikan “keindahan” panorama Gunung Galunggung melalui sebuah foto.

Cerita misteri Gunung Galunggung tidak hanya sebatas pesonanya yang tidak dapat diabadikan dalam lensa kamera. Konon, gunung ini memiliki sebuah pelet magis yang dapat membuat orang ingin kembali ke gunung ini. Jika Anda pernah mendatangi Gunung Galunggung, suatu saat Anda akan merasakan perasaan yang aneh, yaitu ingin kembali ke gunung tersebut. Baik wisatawan maupun para pendaki gunung yang pernah singgah di Gunung Galunggung selalu merasa ingin kembali lagi. Setidaknya tercatat sekitar 200 ribuan wisatawan lokal dan mancanegara yang pergi ke Gunung Galunggung setiap tahunnya.

Salah satu cerita mistis yang populer adalah mengenai keberadaan siluman kera yang diyakini sebagai sumber kerajaan kera di sekitar Jawa Barat. Kera-kera tersebut konon dipimpin oleh sosok raja kera gaib berwujud raksasa dan memiliki kekuatan mistis.

Walau belum dapat dibuktikan secara ilmiah mengenai keberadaan sosok kera gaib raksasa itu, banyak warga yang menjaga kelestarian alam karena khawatir ada gangguan gaib dari sang raja kera. Konon, apabila alamnya dirusak akan terjadi serangan kera kepada manusia.

Selain itu, sosok dari kera ini konon juga mempengaruhi energi yang ada di areal Gunung Galunggung. Hal ini juga yang mengkaitkan, bahwa di atas gunung ini pesawat dilarang melintas karena dapat terganggu frekuensinya. Keberadaan dari kera dan kerajaan makhluk gaib lainnya ini diyakini berpusat di puncak gunung. Oleh karenanya, area puncak juga dianggap sebagai gangguan frekuensi bagi para pesawat.

Matinya mesin pesawat yang melintas di Gunung Galunggung salah satunya terjadi pada tahun 1982. Saat itu, pesawat Bristish Airways yang berangkat dari Inggris menuju ke Australia harus terbang melalui Indonesia, tepatnya di atas Gunung Galunggung. Saat pesawat melintas di atas gunung tersebut, tiba-tiba 4 mesin pesawat mendadak mati. Kejadian ini terjadi saat pesawat tersebut terbang melewati kabut hitam yang tebal. Anehnya, setelah melewati kabut tersebut sang pilot berhasil menghidupkan mesin pesawatnya lagi. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang, pilot terpaksa mendarat darurat di bandara terdekat. Jika dipikir dengan logika, kejadian seperti ini tidaklah lazim. Pasalnya, pesawat yang memasuki awan hanya akan mengalami sedikit guncangan, tidak sampai mengalami kematian mesin.

Gunung menjadi tempat favorit bagi orang sakti untuk bertapa, termasuk Gunung Galunggung yang sering dipilih sebagai tempat untuk bertapa. Jika dijelajah, ada sebuah batu besar di salah satu sudut gunung ini. Konon, batu tersebut adalah tempat bertapa bagi para wali maupun syekh yang menyebarkan ajaran Islam di Indonesia. Walau usianya sudah ratusan atau ribuan tahun, batu tersebut tidak kikis dimakan zaman. Bahkan, menurut cerita masyarakat setempat, batu itu masih menyimpan kekuatan yang sangat besar sehingga mampu membuat orang yang berada di dekatnya jadi merinding.

Menurut orang yang dapat melihat dengan mata batin, puncak gunung ini sangat ramai aktivitas mahluk astral. Walaupun tidak mendirikan kerajaan gaib, cerita mengenai puncak Gunung Galunggung yang dihuni oleh ratusan hingga ribuan mahluk astral ini akan membuat merinding.Untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian, kawah di sekitar Gunung Galunggung memiliki air yang dingin, tapi tidak sampai membeku. Di dalam air kawah tersebut juga terdapat banyak ikan, namun dilarang memancing di kawah tersebut.

Ikan-ikan yang hidup di kawah Gunung Galunggung ini merupakan milik jin yang tinggal di puncak, sehingga manusia tidak diperkenankan untuk mengambil ikan di kawah ini. Suatu hari, ada seorang pria yang memancing dan langsung memasak ikan yang ditangkap dari Kawah Gunung Galunggung. Keesokan harinya, pria tersebut sakit dan tidak kunjung sembuh. Pada akhirnya, keluarga membawa korban ke ahli ruqyah. Yang mengejutkan, ahli ruqyah mengatakan bahwa pria tersebut kesurupan 2 mahluk halus yang tidak terima lantaran ikannya diambil oleh pria tersebut.


Help US With Share