Ikan Gaib Dan Keramat Di Indonesia

Help US With Share

Boleh percaya atau tidak percaya, ada ikan yang dianggap keramat, gaib, atau siluman oleh banyak orang. Bahkan, keberadaan ikan-ikan tersebut sering dikaitkan dengan pertanda peristiwa alam atau musibah yang akan terjadi.

Dan yang lebih mengerikannya lagi, ikan-ikan tersebut dipercaya dapat menyebabkan kematian pada manusia. Berikut ikan-ikan yang dianggap gaib keramat oleh masyarakat.

BELUT BEJULUT BALI

Kasus kematian Suhikmat, pemuda asal Tasikmalaya mendadak viral setelah memancing dua ekor bejulit besar di tempat keramat. Peristiwa tersebut terjadi di sungai Timur Banjar Perangsada, Desa Pering Blahbatu, Gianyar, Bali pada tahun 2019 lalu.

Warga sekitar langsung menghubungkan peristiwa tersebut dengan Belut Bejulit yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali.

Masyarakat Bali meyakini, bahwa sidat merupakan peliharaan makhluk gaib. Terlebih sidat berwarna putih, yang menurut pengakuan warga sekitar Sungai Timur Banjar Perangsada merupakan lokasi keramat.

Konon pada zaman dahulu, pernah ada seorang yang mencoba memasak sidat yang ditangkap dari tempat tersebut. Namun, hal aneh terjadi. Potongan Sidat yang mau dimasaknya meloncat loncat kembali ke asalnya.

IKAN GAIB GABUS BOJONGMENGGER

Ikan Bojongmengger yang berada di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini, dipercaya masyarakat sebagai rajanya ikan siluman. Cerita tentang ikan ini mencuat, setelah peristiwa amblasnya ekskavator di dasar danau beberapa waktu lalu.

Menurut kesaksian, ikan gaib penunggu situ Bojongmengger ini berwujud ikan Gabus raksasa sebesar anak usia lima tahun. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Abah Babang bobok.

Selain itu, masyarakat juga mempercayai adanya pantangan saat berada di area Danau. Seperti tidak boleh berteriak, tidak berisik, sehingga tidak bicara kotor. Jika dilanggar, diyakini ikan siluman tersebut akan marah.

IKAN GAIB LIANG TAPAH

Gua Lang Yawah yang berada di Desa Garagata, Kecamatan Jeruk, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini, dipercaya masyarakat sekitar dihuni oleh siluman ikan tapah. Menurut kesaksian warga sekitar, Ikan gaib Gua Liang Tapah akan muncul pada hari-hari tertentu.

Biasanya ikan tersebut akan muncul pada malam hari dengan mata memancarkan cahaya, serta memiliki badan raksasa hingga memenuhi bibir gua. Ikan ini hanya bisa bergerak maju mundur, masyarakat mempercayai ikan siluman tersebut masih berada dalam gua dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

TRUNO LELE

Truno lele merupakan ikan lele yang dianggap gaib keberadaannya oleh masyarakat Jawa. Konon, truno lele hanya terdiri dari kepala dan kerangka saja. Walau hanya terdiri dari kepala dan kerangka saja, namun ikan ini dapat hidup seperti ikan normal.

Beberapa sumber lain mengatakan, truno lele adalah ikan lele yang bertapa dalam sebuah lubang atau ngendil tanpa makan hingga daging tubuhnya menyusut tinggal tulang saja. Konon, lubang lele truno dijaga oleh ular weling hingga dianggap berbahaya dan dikeramatkan.

Hal yang mengejutkan datang dari cerita pemancing asal Malang Jawa Timur, bernama Mbah Kumadji pada tahun 1979 silam. Saat sedang memancing, dirinya menjumpai kerangka ikan lele truno berjalan berbaris menyeberang jalan

IKAN MAS DANAU TOBA

Ikan Mas Danau Toba sempat menggemparkan publik, setelah terjadi tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba tahun 2018 lalu.

Banyak masyarakat yang mengaitkan peristiwa tersebut dengan penangkapan Ikan Mas seberat 40 Kg, sehari sebelum peristiwa tersebut terjadi.

Usut punya usut, masyarakat Danau Toba mempercayai adanya Ikan Mas raksasa penunggu Danau Toba sejak ratusan tahun silam.

Beberapa saksi mata yang pernah berjumpa dengan Ikan raksasa tersebut mengatakan, Ikan Mas penunggu Danau Toba memiliki panjang hingga 10 meter. Kemunculannya selalu dalam rombongan besar yang mengakibatkan kerusakan pada jaring nelayan.

IKAN TOKEK RAKSASA TELUK PRIGI

Bukan rahasia lagi, jika Pantai Prigi yang berada di Trenggalek Jawa Timur ini menyimpan banyak kisah mistis. Salah satu yang paling menonjol, yaitu adanya Ikan Tokek atau Ikan Kerapu raksasa yang dipercayai sebagai ikan siluman.

Menurut kesaksian seorang nelayan lokal bernama Pakde Santoso, pada 2020 waktu lalu menuturkan saat menyelam dirinya pernah menjumpai Ikan Tokek dengan mulut terbuka selebar Gua. “Lebar mulutnya sekitar lima meter.” Jelasnya.

Masyarakat sekitar juga mempercayai, bahwabperistiwa hilangnya penyelam lobster di Teluk Prigi berkaitan dengan keberadaan ikan siluman tersebut.


Help US With Share