Cibbiu, Hantu Anak Kecil Dari Sulawesi Selatan

Help US With Share

Di negara Indonesia ini, banyak berbagai cerita yang sangat menarik. Kisah mistis pun banyak yang dapat dijumpai dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu cerita msitis yang cukup menyeramkan banyak muncul dari Sulawesi. Di daerah Sulawesi, cerita mitologi masih banyak dipercaya dan memang masih sering terjadi. Salah satu cerita yang cukup melegenda adalah hantu Cibbiu.

Hantu cibbiu merupakan salah satu kisah hantu yang sangat populer di Sulawesi. Bagi sebagian banyak orang, nama cibbiu masih terdengar asing dan bahkan belum pernah ada yang mendengar. Di Indonesia, hantu yang paling terkenal adalah pocong, genderuwo, tuyul, atau kuntilanak. Cerita hantu Cibbiu dari Sulawesi ini sangat menarik dan cukup menyeramkan.

Hantu cibbiu merupakan hantu yang berasal dari Sulawesi selatan. Hantu cibbiu memiliki nama lain yaitu hantu ambeku. Hantu cibbiu ini berpenampilan tubuh kecil seperti bayi dengan rambutnya yang panjang. Selain itu, hantu ini juga memiliki cakar yang tajam. Konon, hantu ambeku atau hantu cibbiu ini adalah arwah dari bayi yang mati dibunuh oleh ibunya sendiri atau bayi yang di aborsi. Oleh karena itu, hantu ini bentuknya seperti bayi.

Masyarakat di Sulawesi selatan, meyakini bahwa hantu ini adalah hantu yang sering muncul di saat maghrib terutama pada saat hujan turun atau setelah hujan. Hantu Cibbiu dipercaya juga sering muncul di pohon bambu yang padat atau di sekitar tanaman kacang panjang atau kacang tanah. Banyak orang yang mengatakan kalau Cibbiu sangat suka makan kacang-kacangan.

Karena hantu cibbiu ini meninggal diakibatkan oleh kejahatan ibunya, maka hantu ini sangat benci dengan sosok ibu-ibu. Jika ada seorang ibu yang berjalan sendirian di waktu Maghrib, bisa saja dia didatangi hantu ini dan kemudian akan dicakar. Hantu ini biasanya mengincar ibu-ibu karena dendam kesumat yang dimilikinya terhadap mereka yang tega membunuhnya. Namun hantu ini bisa berkelakuan baik terhadap sosok lelaki paruh baya. Apabila ada bapak-bapak, hantu ini dapat memanggilnya dengan panggilan ambeku. Nah, dari suara panggilan hantu inilah hantu cibbiu juga memiliki nama hantu ambeku.

Selain cerita asal usul hantu cibbiu yang konon merupakan arwah penasaran dari para anak-anak yang dibunuh dengan mengenaskan oleh orang tuanya, ternyata ada versi lain tentang asal usul mereka. Kisah tersebut diketahui mirip dengan cerita Cinderella atau Bawang merah bawang putih yang terkenal. Yakni cerita seorang anak kecil yang selalu mendapatkan perlakuan kejam dari ibu tirinya. Dia terus dianiaya oleh istri baru ayahnya itu hingga akhirnya ajal menjemput.

Oleh karena kematiannya yang mengenaskan, arwah anak kecil tersebut tidak di tenang dan kemudian terus bergentayangan. Jlika di waktu selepas maghrib di Sulawesi Selatan terdengar suara berkata ambeku yang terdengar sayup-sayup diantara rimbun pepohonan hutan, maka orang-orang akan mengira itu merupakan suara dari hantu Cibbiu yang memanggil ayahnya. Hantu itu memanggil ayahnya untuk menolong dirinya dari kekejaman ibu tiri, namun semuanya sudah terlambat.

Cerita hantu cibbiu yang satu ini memang sudah sangat populer di penjuru Sulawesi selatan. Hantu cibbiu memang sering muncul pada waktu maghrib, oleh karena itu baik ibu-ibu atau bukan sebaiknya tidak keluar rumah saat hari sudah mulai gelap. Tidak hanya di Sulawesi, memang waktu maghrib adalah waktu dimana jin dan setan banyak yang berkeliaran. Orang jaman dahulu pun selalu melarang anaknya keluar selepas jam maghrib.


Help US With Share