Yokai Terkenal Di Jepang

Help US With Share

Yokai bagi orang Jepang sering diartikan sebagai makhluk berbau mistis seperti hantu, monster, raksasa, maupun makhluk mitologi lainnya seperti peri. Yokai, konon disebut memiliki kekuatan supranatural dengan wujud fisik tidak biasa.

Yokai telah mewarnai kehidupan masyarakat Jepang hingga saat ini. Kepercayaan kepada yokai biasa dilakukan dengan cara menyembahnya di Kuil Shinto maupun Kuil Buddha, yokai yang terkenal di Jepang setidaknya ada enam yokai. Berikut deretan yokai yang terkenal di Jepang.

ZASHIKI WARASHI

Yokai ini digambarkan sebagai orang iseng nakal yang menyerupai anak manusia. Legenda mengenai Zashiki Warashi terkenal di sepanjang wilayah Tokoku. Tidak seperti hantu dan makhluk mistis lainnya, memiliki Zashiki Warashi di rumah merupakan sebuah berkah. Makhluk ini diyakini dapat mengundang keberuntungan. Namun sebaliknya, jika Zashiki Warashi menghilang dari tempat tinggal, kemalangan mungkin akan menimpa pemilik rumah.

AZUKI ARAI

Azuki arai adalah yokai misterius yang ditemui di daerah pegunungan di seluruh Jepang. Mereka mencuci kacang merah azuki di tepi sungai sambil menyanyikan lagu seram diselingi dengan suara “shoki shoki.” Hati-hati jika mendengar nyanyiannya, diyakini orang yang mendengar nyanyian azuki arai biasanya akan terpeleset dan jatuh ke sungai.

Makhluk mitologi ini dikatakan memilili tubuh yang pendek dan jongkok, dengan mata bulat besar, dan secara keseluruhan menyerupai pendeta Buddha. Mereka tampil penuh kegembiraan dengan senyum konyol dan tangan besar yang hanya berjumlah tiga jari.

KITSUNE

Kitsune memiliki arti ‘rubah’ dalam Bahasa Jepang. Namun dalam kepercayaan setempat, makhluk ini dianggap memiliki kekuatan sihir. Kitsune diasosiasikan sebagai makhluk yang bijak, suci, dan berinteligen.

“Rubah” ini merupakan roh yang bisa berubah menjadi manusia, sering kali sebagai perempuan. Menurut mitologi, saat Kitsune mencapai usia 1.000 tahun, warna tubuhnya akan menjadi emas dan dianugerahi sembilan ekor.

KAPPA

Kappa merupakan salah satu yokai yang terkenal dan ditakuti oleh rakyat Jepang. Makhluk ini memiliki ciri khas, yaitu terdapat piring atas di kepalanya. Tubuhnya digambarkan berwarna hijau dengan sirip pada bagian kaki dan tangan. Piring yang ada di atas kepala merupakan kekuatan dari kappa. Jika piring itu pecah dan mengering, dia akan menjadi lemah dan lambat laun akan mati.

Konon, kappa hidup di air yang tenang seperti sungai dan rawa-rawa. Jika ada yang mengganggu habitat mereka, misalnya berenang, kappa akan menarik kaki orang tersebut hingga tenggelam.

TENGU

Tengu adalah salah satu jenis yokai Jepang yang paling terkenal. Makhluk ini sering dikaitkan dengan kisah roh gunung dan penghuni hutan. Tengu memiliki penampilan yang khas, dia berhidung panjang dan wajahnya berwarna merah. Nama tengu sebenarnya pada jaman dahulu digunakan untuk menamai beberapa hewan yang dibawa ke Jepang.

ROKURO KUBI

Yokai yang satu ini cukup terkenal di Jepang karena sering muncul dalam karya sastra dan esai klasik. Jangan tertipu pada penampilannya yang tampak seperti manusia biasa, aslinya makhluk ini memiliki bentuk yang menakutkan dengan lehernya yang panjang.

Selain dikatakan sebagai makhluk mistis, rokuro kubi juga digambarkan sebagai penyakit aneh. Terdapat dokumen yang menuliskan, bahwa pernah ada pria yang memiliki leher panjang pada tahun 1810 silam.

ONI

Oni memilili wujud yang besar, dan identik dengan raksasa dari dunia Barat. Oni mempunyai beragam warna kulit, tetapi yang paling umum adalah merah dan biru. Oni digambarkan memiliki wajah menakutkan, dua tanduk, taring besar, dan cakar yang tajam. Mereka biasanya membawa tongkat sebagai senjata. Masyarakat Jepang meyakini, bahwa oni hidup di neraka. Mereka menghukum orang-orang yang berdosa selama masa hidupnya.


Help US With Share