Mitologi Yunani: Hades Dan Persephone

Help US With Share

Percayagapercaya.com – Kali ini mimin nggak mau bahas soal horror lagi. Mon maap, gengs, mimin masih trauma habis digangguin. Kapan-kapan mimin ceritain ya. Kali ini mimin mau bahas mitologi Yunani dulu. Seru juga kok!

Kisah Hades dan Persephone memang sudah sangat terkenal. Bukan hanya dari Yunani, tetapi sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan, kisah ini dikaitkan dengan musim semi dan musim dingin di negara-negara Barat.

Nah, kalau kamu merasa familiar dengan nama Hades, kamu pasti pernah nonton Hercules kan? Film Disney yang nongol tahun 90an? 90s babies where u at?

Cuma, sayangnya, di film tersebut nggak ada mention Persephone dan kisah cintanya bersama Hades. Sebenarnya sery kok kisah cinta mereka. Cuma, yaaa… jujur aja, disturbing sih.

Inget lho, mimin cuma bilang seru, bukan berarti mimin setuju dengan apapun yang cerita ini tunjukkan.

Tapi, ini kisah mimin nggak tau bener atau tidaknya ya. Kalau dalam kepercayaan Yunani kuno, cerita ini sebenarnya ditujukan untuk menjelaskan secara gampang tentang pergantian musim.

Latar Belakang

Dalam kepercayaan orang Yunani, Persephone digambarkan sebagai gadis naif yang dijaga oleh ibunya dan juga mendapatkan kasih sayang dari suaminya.

Persephone merupakan anak dari Zeus dan Demeter, seorang dewi kesuburan tanaman. Dia sangat terkenal akan kecantikannya sehingga ia banyak mengundang perhatian banyak orang. Bahkan dari dewa-dewa karena memang ia terkenal sangat cantik.

Demeter, sebagai ibunya, selalu menjaga anaknya agar ia tidak diganggu oleh populasi pria maupun dewa. Ya, ia memproteksi sang buah hati dari semua laki-laki.

Baca Juga: Mistis Internasional: Ladd School Di Rhode Island

Hades? Dia merupakan adik Zeus. Penjaga Neraka, Dewa Neraka. God of the Underworld. Or whatever you may call him.

Yoi, mereka memiliki hubungan saudara. See the plot twist now? They’re basically uncle and nephew. Salah banget gak sih? Mimin juga rada gimana gitu pas dengar cerita tentang mereka.

Not to mention their age-gap. Hades itu ratusan tahun lebih tua dari Persephone lho! For some reason, dia jatuh cinta setelah melihat kecantikannya dengan mata kepalanya sendiri. Well, I mean… siapa sih yang nggak suka cewek cantik? Mimin juga demen kok. Namanya juga cowok…

Mitologi ini sangat populer bahkan dari ribuan tahun lalu.

Penculikan Persephone

Ada beberapa versi cerita tentang Persephone dan Hades sebenarnya. Cuma disini mimin cuma mau bahas satu versi saja yang dipercayai oleh sebagian besar orang Yunani dan juga sebagian porsi populasi manusia di dunia.

Menurut mitologi Yunani kuno, Persephone adalah ratu neraka. Queen of the Underworld, or whatever you call it.

Nah, Hades itu orangnya keras. Tapi, setelah ia bertemu dengan Persephone, dia jadi orang yang lebih lembut dan baik.

Awalnya sih nggak langsung nyulik ya. Hades meminta Demeter untuk menikahi anaknya dulu. Namun, Demeter kzl gitu deh habis dia kan pamannya. Yakali lo nikahin ponakan lo sendiri? Gile lu, ndro.

Terus Hades patah hati gitu deh. Kesel banget doi abis nggak dibolehin emaknya buat kawinin anaknya. Terus, akhirnya saking parahnya obsesi dia, muncul ide doi buat nyulik ponakannya sendiri.

Nah, udah eksekusi rencana doi nih!

Jadi, waktu itu Persephone lagi sibuk banget di taman bunga. Metik bunga, dan kegiatan yang involve bunga lainnya. Ya kalian bisa bayangin lah dia ngapain aja di taman bunga kan?

Baca Juga: Hantu Internasional: Cheukshin Dari Korea

Terus, doi ngambil bunga narcissus yang paling cantik gitu di taman bunga. Pas doi udah mau ngambil bunganya, tiba-tiba tanahnya kebelah dan Hades tiba-tiba nongol di depan muka dia. Dicaplok deh terus dibawa ke neraka.

Walah! Emang parah banget si Om satu ini. Penculikan anak-anak sih. But, seriously, guys, Persephone disini masih kecil banget. Underaged! Walau udah punya suami sih. Tapi you know, pada zaman dahulu kala for some reason, orang suka kawin muda. Eh, ini mah bukan kawin muda lagi tapi kawin bocah.

Demeter Pusing 7 Keliling

Jangan kira Persephone nggak dijaga dayang-dayang waktu doi lagi ngalor ngidul di taman bunga, guys. Doi banyak banget dayang-dayang. Cuma ya, ente tahu lah Hades kayak gimana kan. Secara doi kan dewa, dan apalah arti dayang-dayang kalau dibandingkan dengan dewa?

Plot twist nya disini nih… Ternyata si Zeus, bapake Persephone sama Helios sang Dewa Matahari jadi saksi penculikan tersebut. Zeus lho! Bapaknya sendiri lho! Lihat anaknya diculik adiknya sendiri! Astaghfirullah…

Mimin nggak ngerti lagi apa yang ada di otak dia. Kenapa? Soalnya pas Zeus lihat penculikan itu, doi nggak ngelakuin apapun. Alasannya sih biar dia nggak ribut ama Hades.

Terus, apa yang dilakukan Helios? Diem. Kagak mau ikut campur. Main aman. Mantap sekali wahai anda para tetua.

Nah, tapi Helios kasihan lihat Demeter nangis-nangis terus nyariin anaknya yang tiba-tiba hilang ditelan bumi (literally!). Akhirnya, dia ngebocorin semuanya ke Demeter kalau sang anak yang hilang ternyata diculik sama om-nya sendiri.

Marah. Kesal. Benci. Dendam. Permata hidupnya diambil sang Dewa Neraka seenak udel… Demeter mau balas dendam. Tapi, Helios malah bujuk Demeter. Helios bilang kalau kehidupan di neraka nggak buruk-buruk banget dan bahwa ia diperlakukan layaknya seorang ratu di bawah sana.

Jadi Akhirnya Hades Gimana, Min?

Demeter marah lah! Doi ngambek. Jadi dia tuh tugasnya kayak Dewi Sri gitu, Dewi dari segala kesuburan tanaman gitu deh. Nah, karena doi ngambek, doi udah nggak mau peduli lagi sama bumi. Jadi, kacau banget deh waktu itu.

Akibatnya? Zeus pusing. Banyak orang doa minta tolong ama dia. Jadi, dia nyari solusi buat masalah keluarga dia.

Baca Juga: Mistis Internasional: RSJ Gonjiam Di Kampung Oppa Ganteng

Zeus licik? Hades gak kalah licik. Jadi, sebelum Zeus bisa ngelakuin sesuatu, si kunyuk dari neraka sudah melakukan sesuatu dulu.

Persephone dicekokin buah delima di alam neraka. Jadi, kalau orang makan buah delima, efeknya dia bisa kangen sama neraka. Jadi, buah delima ini membuat orang jadi attach sama neraka gitu deh.

Akhirnya, Zeus memutuskan untuk membagi waktu Persephone. Jadi, selama 6 bulan dia tinggal di neraka, 6 bulan dia tinggal sama ibunya.

Penjelasan Mitologi

Menurut orang Yunani kuno, saat musim dingin dan musim gugur merupakan musim dimana Persephone tinggal bersama suaminya di neraka. Sedangkan pada saat musim semi dan musim kemarau, dia ganti shift tinggal bersama ibunya.

Mengapa musim kemarau dan semi? Karena di kedua musim tersebut lah, hasil panen sangat banyak dan bagus.


Help US With Share