Kisah Mitos Danau Di Indonesia

Help US With Share

Danau merupakan kubangan air yang dapat terbentuk secara alami atau buatan, dan sering pula dijadikan tujuan wisata saat sedang tamasya. Ternyata, ada beberapa kisah danau dengan mitos yang mengerikan di Indonesia. Mitos tersebut muncul karena sebuah legenda, atau berasal dari cerita rakyat sekitar. Berikut daftar danau dengan mitos paling mengerikan yang ada di Indonesia.

DANAU GUNUNG TUJUH, JAMBI

Lokasi Danau Gunung Tujuh berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Masyarakat setempat mengatakan, bahwa Danau Gunung Tujuh merupakan tempat yang sakti. Saat kita datang ke tempat ini, tidak akan ditemukan benda yang jatuh di permukaan airnya yang bersih. Tidak hanya itu saja, konon danau angker di Indonesia ini ditunggui oleh makhluk misterius berukuran setengah meter dengan tubuh sebagian manusia dan bagian lainnya adalah orang utan. Selain itu, sosok ini dikatakan memiliki pergerakan yang cepat, sehingga sulit ditangkap mata.

DANAU KACO, JAMBI

Danau Kaco lokasinya berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Tempat ini memiliki udara yang begitu sejuk, dan berada di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut. Walau kecil, namun memiliki panorama eksotis yang begitu magis. Danau Angker di Indonesia ini menyimpan beberapa misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah kedalaman danau yang sampai saat ini masih belum diketahui. Konon, ada orang yang mencoba untuk mengukur kedalaman danau ini namun selalu gagal karena tabung oksigen yang digunakan habis sebelum menyentuh dasar danau.

TELAGA SARANGAN, JAWA TIMUR OBYEK

Selanjutnya ada Telaga Sarangan di Magetan yang dilontarkan oleh dua ekor naga raksasa. Kedua naga tersebut merupakan jelmaan pasangan suami istri petani yang dulunya tinggal di sekitar danau. Jika keduanya di tengah dari sarang, maka akan muncul keluar kabut tebal di seluruh area telaga.

Kepercayaan mengenai keberadaan penunggu Telaga Sarangan, membuat masyarakat setempat rutin melakukan sebuah ritual. Diketahui setiap Jumat Kliwon pada bulan Ruwah, di area sekitar Telaga Sarangan selalu ramai oleh para ketua adat dan penduduk asli yang menebarkan sesaji ke dalam telaga, yang dipercaya untuk tolak bala dan menghormati roh leluhur.

Selain itu, ada pula mitos soal pasangan kekasih yang akan putus jika bercinta di dekat ke Telaga Sarangan. Dikatakan, bahwa pasangan kekasih tersebut bisa putus lantaran terkena kekuatan gaib berupa kutukan.

DANAU TOBA, SUMATERA UTARA

Masuk sebagai kategori wisata prioritas, Danau Toba memiliki pesona alam yang indah dan memesoba. Di sisi lain, ternyata ada banyak kisah mistis yang berkembang di masyarakat seputar danau tekto-vulkanik ini. Mulai dari mitos ikan mas raksasa di dasar danau, hingga penampakan Begu Ganjang yang merupakan sosok makhluk pencabut nyawa.

Selain itu, ada pula hantu muka rata yang digambarkan sebagai seorang wanita yang sering muncul dari bawah air Danau Toba. Konon, seorang pengunjung pria yang tengah bersantai di pinggir Danau Toba pernah dikagetkan dengan kemunculan hantu muka rata ini.

DANAU TOLIRE, MALUKU

Danau Tolire memiliki keindahan dengan air warna hijaunya. Di balik keindahannya, ada cerita legenda yang unik. Konon, benda yang dilempar ke danau tidak akan pernah menyentuh permukaan air. Hal ini disebabkan karena kekuatan gaib yang diyakini berasal dari siluman buaya raksasa berukuran 10 meter. Tidak hanya itu saja, Danau Tolire terlebih dahulu disebut sebagai kampung yang dikutuk, karena ada seorang ayah yang tega menyetubuhi  putrinya sendiri.


Help US With Share