Jalanan Yang Bernyanyi Di Jepang

Help US With Share

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia. Sama halnya seperti negara Indonesia, Jepang juga memiliki ribuan pulau-pulau kecil.

Negara Jepang adalah negara yang tidak begitu luas dibandingkan dengan Indonesia. Namun Jepang sudah mampu mengalahkan negara-negara Asia lainnya. Luas negara Jepang sendiri adalah +378.000km2 (ada pula yang menyebutkan hanya 370.000 km2). Itu berarti hanya 1/25 (seper dua puluh lima) dari negara Amerika.

Jepang menjadi negara maju karena didukung oleh sistem perekonomian yang baik. Sejak zaman pemerintahan Bakufu Tokugawa rakyat Jepang sudah dibiasakan untuk mandiri dalam memajukan negaranya, tidak tergantung dengan bangsa Barat. Perekonomian Jepang yang maju didukung oleh kontribusi Zaibatsu yang memberikan bantuan pada masa Kaisar Meiji.

Restorasi Meiji adalah suatu revolusi kekuasaan yang sukses menggantikan kekuasaan Bakufu Tokugawa. Restorasi Meiji membuka kesuksesan pembangunan Jepang menjadi negara yang kuat falam sistem politik pemerintahan, angkatan perang, teknik serta perekonomian pertanian dan perindustrian. Jepang yang tertinggal dari negara Barat membuat Restorasi Meiji semakin dipacu untuk melakukan pembangunan ekonomi dan industri. Pembangunan ekonomi dan industri yang besar tentu dibutuhkan suatu dana yang besar pula. Dana pembangunan Jepang bisa diperoleh dari perusahaan-perusahaan handal. Satu- satunya cara adalah tetap melakukan kerjasama yang lebih erat dengan pihak swasta atau para pemilik modal dalam hal ini adalah Zaibatsu.

Zaibatsu berasal dari pedagang sukses pada zaman Tokugawa. Masa pemerintahan Meiji Zaibatsu menjadi semakin pesat perkembangannya karena berhasil meluaskan usaha dalam bidang industri dan lain-lain. Zaibatsu biasa disebut kelompok pemilik uang, tempat orang kaya, para pedagang, atau pengusaha. Zaibatsu merupakan grup bisnis tertutup dan hanya dimiliki oleh keluarga.

Bagi orang Jepang waktu adalah uang sehingga mereka sayang banget untuk membuangnya. Kemajuan di Jepang bisa kita lihat dari inovasi-inovasi yang dimiliki oleh negara tersebut. Tata kota yang bersih dan rapi, serta kemajuan teknologi yang ada membuat siapa pun setuju kalau Jepang adalah negara dengan kemajuan terpesat saat ini.

Jepang menjadi negara yang patut dikunjungi karena beragam budaya, kemajuan teknologi hingga warisan alam yang luar biasa. Gaya hidup modern masyarakatnya berpadu antara nilai-nilai tradisional dan modern dengan seimbang. Negara ini bahkan dinilai jauh lebih maju dari negara lainnya di dunia yang dilihat dari berbagai aspek kehidupan.

Tahukah Anda, beberapa jalan raya di Jepang ternyata bisa menyanyi, bisa mengeluarkan suara lagu-lagu sehingga membuat kita para pengendara dapat mendengarkan lagu sambil menyetir, tidak lagi mengantuk di jalan raya yang panjang dan lurus.

Itulah gunanya, agar di jalan yang panjang dan lurus, dengan kecepatan yang sama, si pengendara mobil tidak jadi mengantuk karena suara lagu-lagu jalanan dari jalan raya yang dilalui mobil-mobil di sana. Kalau ke luar suara, terdengar pengemudi, maka pengemudi tidak akan mengantuk dan terjauhkan dari kecelakaan kendaraan bermotor.

Jalan Melody atau Melody Road terletak di beberapa perfektur dan ditandai dengan rambu-rambu jalanan serta gambar not balok penuh warna yang dicat pada permukaan jalan itu. Para pengemudi harus menyadari bahwa musik dari jalan tersebut akan muncul saat dilewati, dan terdengar secara ideal ketika sang pengemudi mempertahankan kecepatan 28 mil per jam di jalan raya. Proyek cerdik yang telah mengubah tiga jalan raya yang membentang di Jepang menjadi lokasi musik berjalan di ruas jalan raya yang membentang jauh.


Help US With Share