Ikan Pembawa Hoki

Help US With Share

Saat ini ikan hias kini sudah memiliki banyak penggemar. Mulai dari jenis ikan mainstream seperti cupang, koi, atau koki, hingga jenis ikan yang bernilai puluhan juta seperti arwana, louhan, dan angelfish. Cara pemeliharaannya pun berbeda-beda, ada yang ditempatkan di akuarium dan ada pula yang dirawat dalam kolam ikan.

Ikan-ikan yang dipelihara di rumah ternyata dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Masyarakat jaman dahulu percaya, bahwa ikan dapat menangkal sial karena air tempat tinggal mereka yang merupakan elemen murni. Berikut jenis-jenis ikan pembawa hoki yang dapat dirawat di rumah dengan mudah.

ARWANA

Ikan pembawa keberuntungan selanjutnya sangat dikenal, karena sudah banyak diperjual belikan di pasaran luas dengan harganya yang fantastis. Dengan nama latin Scleropages formosus, ikan arwana dapat dengan mudah dipelihara di rumah.

Biaya perawatan jenis ikan hias ini tidak mahal, cukup menaruhnya di dalam tangki akuarium besar dengan cahaya yang memadai. Ikan arwana disebut-sebut dapat membawa keberuntungan, karena bentuknya yang terlihat seperti naga air.

Naga, seekor makhluk mitos asal negeri Tiongkok, memang sudah terkenal dengan simbolisme kemakmuran. Menurut para ahli feng shui, arwana yang disimpan di sisi utara rumah tidak hanya akan membawa kemakmuran dan keberuntungan, namun juga kesehatan bagi pemiliknya.

DEWA / KANTJRA

Ikan pembawa hoki yang selanjutnya adalah ikan dewa. Ikan yang disebut sebagai ikan kantjra oleh masyarakat zaman dahulu ini, dipercaya dapat membawa keberuntungan karena sejarahnya yang panjang.

Pada zaman dahulu, ikan kantjra merupakan hidangan utama para raja-raja di Indonesia, yang konon katanya dapat membuat panjang umur. Selain itu, ikan dewa juga digunakan untuk mengusir sihir-sihir jahat yang dikirim oleh musuh kerajaan.

Sampai sekarang, ikan ini hampir bisa kita temui di rumah-rumah para sesepuh Jawa dan Sumatra yang mempercayai sejarah yang ditinggalkan para leluhur mereka dahulu kala. Ikan ini dapat tumbuh hingga 1,2 meter, dan memiliki nilai jual yang tidak kalah dengan ikan arwana

KOI

Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio ini termasuk dalam golongan ikan hias mainstream, karena banyaknya jumlah rakyat Indonesia yang memelihara hewan air tersebut. Koi berasal dari negeri Tiongkok, namun budidayanya lebih banyak dilakukan di Jepang.

Ikan pembawa keberuntungan ini masih berkerabat dekat dengan ikan mas, namun harga jual dan belinya jauh lebih mahal. Jika berbicara tentang hoki, ikan koi dipercaya dapat membawa keberuntungan, kesuksesan, dan kekayaan bagi pemiliknya.

Dalam legenda Tiongkok, ikan ini dijunjung tinggi sebagai perenang handal yang dapat melawan arus paling keras sekali pun. Itulah mengapa mereka dipatenkan sebagai simbol kesuksesan yang universal.

Tidak hanya itu, menurut ilmu fengshui ikan koi juga disebut dapat menyerap energi negatif di dalam rumah dan menggantinya dengan chi positif. Sama halnya dengan bernafas, mereka menghirup energi negatif dan mengeluarkan energi positif.

LONGFIN KOI

Ikan longfin koi disebut sebagai ikan pembawa hoki, karena disematkan sebagai lambang kesuksesan oleh rakyat Tiongkok. Sama seperti ikan koi umum, jenis ini mampu berenang melawan arus. Tidak hanya itu, menurut ilmu fengshui, merawat sembilan ikan longfin koi di dalam akuarium dapat menyerap energi negatif yang mencoba masuk ke dalam rumah. Untuk para pelajar, ikan bersirip indah ini dipercaya dapat membuat fokus belajar.

LOUHAN

Ikan pembawa hoki berikutnya datang dari perairan Malaysia dan Tiongkok, yaitu ikan louhan. Kisah ikan berdahi nonong penarik sukses ini memang sudah diketahui banyak orang, sehingga peminatnya pun tersebar dimana-mana. Ikan louhan datang dengan berbagai macam dan corak. Semakin banyak corak, warna, dan maju dahinya, semakin mahal harga jualnya di pasaran.

Dahi yang menonjol bukanlah satu-satunya keunikan yang dimiliki ikan louhan. Jika diteliti lebih jauh, setiap ikan jenis ini memiliki corak berbentuk tulisan ‘han’ pada perutnya. Tanda di perut inilah yang akhirnya menjadi sumber utama kepercayaan, bahwa mereka dapat membawa keberuntungan.

Selain itu, ikan louhan juga dipercaya dapat mendatangkan jodoh dan menangkal energi negatif pembawa sial yang masuk ke dalam rumah. Menurut kepercayaan rakyat Tiongkok, jika kita menempatkan akuarium berisi ikan louhan pada sisi tenggara rumah, rumah akan diberkahi dewi kemakmuran.

MAS KOKI

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias domestikasi paling tua di dunia. Ikan yang memiliki nama Latin Catassius auratus ini sudah dipelihara sejak zaman dahulu, tepatnya pada Dinasti Sung di Tiongkok pada tahun 960 masehi.

Jenisnya mulai diperdagangkan pada Dinasti Ming pada tahun 1368 sampai 1644 masehi. Sejak itu, penyebaran ikan ini langsung sampai ke tanah air dengan cepat pada masa penjajahan Jepang. Bentuk mereka yang menggelembung terlihat menggemaskan dan cantik untuk menghias akuarium di rumah.

Cara pemeliharaan ikan maskoki pembawa keberuntungan adalah dengan membeli satu pasang langsung, yaitu ikan yang berwarna cerah dan satu lagi berwarna hitam. Hal ini dipercaya akan membawa keseimbangan energi di dalam rumah, seperti yin dan yang.

Ikan maskoki juga sudah sering digunakan sebagai ikan hias terapi banyak penyakit seperti ADHD dan autisme. Pasalnya, ikan ini memiliki kemampuan yang dapat menenangkan saraf motorik pada otak manusia.

PALMAS

Dari bentuknya, sekilas ikan palmas terlihat seperti lele. Yang membedakan kedua jenis ikan tersebut hanya corak, dan warna sisiknya. Menurut kepercayaan rakyat zaman dulu, ikan palmas merupakan hewan peliharaan yang mampu mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Namun, kita tidak bisa asal memilih jenis ikan palmas. Jenis palmas yang dapat mendatangkan keberuntungan adalah palmas albino, dan palmas bermata merah.


Help US With Share