Hitori Kakurenbo, Petak Umpet Hantu Ala Jepang

Help US With Share

Hitori kakurenbo, merupakan permainan petak umpet hantu atau dikenal juga oleh masyarakat Jepang sebagai “ritual pemanggilan hantu”. Dalam permainan petak umpet yang sangat menguji nyali dan keberanian kita, ini akan mengundang kehadiran arwah penasaran sebagai teman bermain. Bagi siapapun yang berani untuk memainkan permainan ini dapat berakibat fatal, seperti ditempeli hantu seumur hidup, atau mendapat musibah yang dapat membahayakan nyawanya sendiri.

Menurut cerita yang beredar, hantu yang dipanggil pada saat melakukan ritual hitori kakurenbo alias permainan petak umpet hantu yang menyeramkan di jepang ini bukanlah hantu sembarangan. Hantu yang dipanggil yaitu memanggil langsung arwah gentayangan yang terperangkap di dasar bumi.

Ada juga cerita yang mengatakan bahwa hantu yang terpanggil dalam permainan atau ritual ini, merupakan arwah dari orang jahat yang terkutuk dan dapat berakhir melawan pemainnya pada saat permainan sedang berlangsung. Jika kita memutuskan ingin memainkan permainan ini, kita harus siap menghadapi semua konsekuensi terburuk dari apa yang telah kita lakukan.

Untuk cara bermain atau melakukan ritual hitori kakurenbo, yang harus dilakukan pertama kali yaitu menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan. Seperti menyiapkan sebuah boneka bayi atau yang menyerupai manusia yang terbuat dari bahan kain, bukan plastik.

Kemudian siapkan juga benang merah, tetesan darah, potongan kuku, beras, benda tajam seperti pisau, gunting atau silet, gelas berisi air garam, dan pastikan rumah dalam keadaan kosong dan gelap tanpa ada pencahayaan lampu sama sekali. Langkah selanjutnya dalam permainan petak umpet hantu hitori kakurenbo yaitu;

Pertama, tutup semua pintu, jendela, tirai, serta matikan semua lampu yang ada di dalam rumah. Boleh menyalakan TV, namun harus diatur dalam mode static (layar semut).

Kemudian, sayat boneka menggunakan gunting lalu keluarkan isi kapas dari boneka tersebut. Ganti isi dalam boneka dengan memasukan beras dan tetesan darah serta potongan kuku yang telah disiapkan sebelumnya.

Selanjutnya beri nama boneka tersebut, bebas mau diberi nama apa. Lalu, jahit sayatan dengan menggunakan benang merah. Di Jepang ada keyakinan, bahwa benang merah melambangkan nadi manusia (unsur kehidupan).

Langkah berikutnya, isi wastafel atau bak mandi dengan air, setelah itu mengatakan sebanyak tiga kali (nama kita sendiri) jadi yang jaga pertama. Kemudian, lemparkan boneka tersebut ke dalam air dalam wastafel atau bak yang sudah diisi air sebelumnya.

Setelah itu, kita keluar dari kamar mandi dan segera mencari tempat persembunyian yang aman untuk menunggu penampakan hantu yang akan mencari kita.

Setelah semuanya dilakukan, maka babak pertama permainan petak umpet dengan hantu ini akan segera dimulai

Selama kita melakukan permainan ini, pada saat bersembunyi kita akan mendengar berbagai suara dari luar tempat dimana kita bersembunyi. Suara yang terdengar biasanya berupa langkah kaki, suara berbagai benda rumah yang tergeser sendiri, suara TV yang chanelnya bisa berubah-ubah. Dan yang paling menyeramkan si hantu terkadang mengeluarkan suara serak parau basah, untuk menakut-nakuti agar kita keluar dari tempat persembunyian.

Disaat kita berteriak dan lari ketakutan, disanalah kita akan mendapatkan celaka dan mungkin akan menjadi akhir dari perjalanan kehidupan kita di dunia. Menurut kesaksian komunitas pemburu hantu di Jepang, jika kita sampai berhasil ditemukan, maka hantu jahat tersebut tidak akan segan untuk melukai, bahkan akan mengambil alih tubuh kita. Sementara itu, ‘roh asli’ kita akan terperangkap di dunia lain, dan si hantu akan menggantikan kehidupan kita.

Setelah kita memutuskan untuk memulai permainan ini, kita harus menyelesaikan permainan hantu Hitori Kakurenbo ini sampai selesai. Yang menjadi tanda dari akhir permainan adalah tidak ada lagi suara si hantu atau dia sedang berada jauh dari persembunyian kita. Disaat itulah, satu-satunya kesempatan kita untuk mengakhiri permainan. Segera masukan air garam ke dalam mulut dan bawa sisanya menuju tempat dimana boneka tersebut berada.

Setelah boneka ditemukan, semburkan air garam yang ada di dalam mulut dan sisanya ke boneka. Setelah itu, kita harus berteriak ‘aku menang!’ Sebanyak 3 kali. Yang terakhir, jangan sampai kita lupa untuk membakar boneka itu hingga habis tanpa sisa.

Konon, menyelesaikan permainan ini tidak semudah itu. Ketika saat ingin membakar boneka ini, boneka ini akan sering berpindah tempat hingga kita mengalami kesulitan. Sedangkan para hantu penasaran tadi akan berbalik arah mencari keberadaan kita. Jadi, sangat tidak dianjurkan untuk mencoba permainan petak umpet hantu Hitori Kakurenbo ini. Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada diri kita saat bermain, atau setelah selesai memainkan permainan ini.


Help US With Share