Hantu Dan Legenda Dari Lembah Ohio Part-2 (End)

Help US With Share

Daerah di sekitar Sungai Ohio, anak sungai dari Sungai Mississippi, telah menjadi rumah bagi banyak legenda. Lembah Sungai Ohio yang dulunya merupakan pintu gerbang ke Amerika Barat, kini lebih dikenal dengan kota-kota yang penting secara ekonomi seperti Pittsburgh dan Louisville, serta daerah-daerah pedesaan dan daerah Rust Belt yang miskin. Berikut beberapa hantu dan legenda yang berasal dari lembah sungai Ohio.

KUTUKAN CORNSTALK

Selama abad ke-18, Lembah Sungai Ohio merupakan wilayah yang diperebutkan antara Inggris, para pemukim kolonial Amerika, dan suku-suku asli Amerika yang tinggal di wilayah tersebut. Kepala Suku Cornstalk adalah seorang kepala suku Shawnee yang mulai memimpin pasukan perang melawan para pemukim pada tahun 1763. Sebagai perlawanan, para pemukim menyerbu desa Cornstalk dan menyandera dia. Dari sana, Cornstalk dan beberapa anak buahnya dipindahkan ke Fort Pitt di tempat yang sekarang disebut Pittsburgh.

Pada tahun 1770-an, konfederasi suku-suku besar (Shawnee, Mingo, Miami, Ottawa, Illinois, Delaware, dan Wyandot) membentuk barisan yang terdiri dari 1.200 orang yang membentang dari Sungai Ohio hingga Sungai Kanawha di Virginia Barat modern. Pada tanggal 10 Oktober 1774, 1.100 milisi mengalahkan konfederasi suku yang dipimpin oleh Cornstalk dalam Pertempuran Point Pleasant.

Banyak sejarawan menganggap ini sebagai konflik pertama Revolusi Amerika, walau yang lain melihatnya sebagai salah satu kemenangan paling menentukan dalam sejarah ekspansi ke arah barat. Setelah kekalahannya, Cornstalk memutuskan untuk berdamai dengan para pemukim Amerika. Pada tahun 1777, Cornstalk dan Red Hawk, seorang pemimpin Delaware, melakukan perjalanan ke Fort Randolph di Point Pleasant untuk memperingatkan para pemukim bahwa pasukan suku yang besar sedang bersiap untuk menyerang benteng tersebut atas perintah Inggris.

Saat Cornstalk memberi tahu Kapten Arbuckle, komandan benteng, bahwa ia akan membiarkan orang-orang Shawnee-nya bertempur jika suku-suku lain menyerang para penjajah, Cornstalk, Red Hawk, dan para pemimpin lainnya disandera.

Orang-orang Benteng Randolph mengira, bahwa menahan Cornstalk akan mencegah pasukan suku menyerang dan cara itu berhasil untuk sementara waktu. Pada tanggal 10 November, suara tembakan terdengar dari Sungai Kanawha. Dua pemukim telah disergap oleh kelompok penyerang penduduk asli Amerika. Satu orang tewas sementara yang lainnya melarikan diri.

Marah, beberapa orang Fort Randolph mengabaikan perintah Arbuckle dan menembak Cornstalk, Red Hawk, dan Ellinipisco, putra Cornstalk. Sebelum meninggal karena delapan luka tembak, Cornstalk diduga mengutuk orang-orang Fort Randolph dengan murka Roh Agung. Berbagai bencana di dalam dan sekitar Point Pleasant telah disalahkan pada kutukan Cornstalk. Episode yang paling terkenal terjadi pada tahun 1967, saat runtuhnya Jembatan Silver di Point Pleasant yang menewaskan 46 orang.

MANUSIA KADAL KENTUCKY

Kota kecil Stephensport, Kentucky, terletak di Sungai Ohio yang berbatasan dengan Indiana. Kita tidak akan menyangka akan ada banyak kehebohan di sana, dan sesuatu yang benar-benar aneh terjadi pada musim gugur tahun 1966. Sekitar pukul 01.30 dini hari, seorang penduduk Stephensport tiba-tiba terbangun oleh suara-suara aneh di luar rumahnya. Saat melihat ke luar melalui jendela, pemilik rumah tersebut dilaporkan melihat “manusia kadal” setinggi 180 sentimeter dengan kulit hijau kecokelatan, anggota badan berselaput, dan tonjolan besar yang membentang dari dahinya hingga ke ubun-ubun kepalanya yang ujungnya seperti mata panah. Menyadari bahwa seseorang sedang menatapnya, makhluk itu mundur ke arah Sinking Creek yang terhubung ke Sungai Ohio.

Pada tahun 1878, seorang jurnalis untuk The Courier-Journal of Louisville menulis cerita tentang “Manusia Liar dari Hutan,” humanoid setinggi 180 sentimeter (6 kaki) dengan sisik yang ditangkap dan dipamerkan di Louisville. Sebelumnya, William Branham, seorang pendeta Kentucky, mengklaim bahwa Taman Eden tidak diganggu oleh seekor ular, melainkan oleh manusia kadal yang telah dikirim ke Bumi.

Beberapa orang percaya, bahwa manusia kadal di Sungai Ohio berhubungan dengan makhluk serupa seperti Katak Loveland di Ohio atau makhluk Rawa Scape Ore di Carolina Selatan. Mary Burlington, seorang peneliti paranormal yang aktif selama tahun 1990-an mengklaim, bahwa manusia kadal di Kentucky adalah bagian dari pemujaan kadal Mesir kuno yang ada di Kentucky selama prasejarah.

PARA HANTU EAST END

Parkersburg yang bersejarah, Virginia Barat, paling diingat saat ini karena rencana Pulau Blennerhassett, di mana Aaron Burr dan bangsawan Parkersburg yang kaya Harman Blennerhassett dituduh oleh Presiden Thomas Jefferson berkonspirasi untuk menciptakan kerajaan swasta di sebelah barat Sungai Ohio. Banyak yang mengklaim, Pulau Blennerhassett berhantu akibat intrik dan banyaknya kematian.

Salah satu kisah paling aneh tentang Parkersburg melibatkan hantu yang konon menghantui Pemakaman Holliday di East End. Menurut legenda, kejadian aneh itu bermula karena Parkersburg pada abad ke-19 merupakan terminal bagi Baltimore and Ohio Railroad (B&O) yang sangat penting. Hal ini menjadikan Parkersburg sebagai pusat keramaian bagi para pebisnis dan pemilik, yang datang dan pergi dengan kereta api yang membawa batu bara negara bagian itu. Banyak yang bermalam di Rowland Boarding House, yang juga berada di East End kota itu.

Pada suatu hari di bulan Juni 1888, para pekerja kereta api sedang menuju Rowland Boarding House saat mereka didekati oleh apa yang mereka klaim sebagai penampakan setinggi 180 sentimeter yang ditutupi kain kafan putih. Sambil mengeluarkan erangan, makhluk itu meluncur ke arah para pria di atas rel B&O hingga mencapai rumah Rowland dan menghilang. Saat cerita ini diterbitkan di surat kabar lokal, seorang pria bernama Tn. Crolley, yang bekerja untuk Camden Consolidated Oil Company, memutuskan untuk mencari tahu kebenara cerita tersebut.

Selama dua malam, Tn. Crolley menguntit si hantu. Pada malam pertama, hantu itu mengejar Tn. Crolley sampai ke Rowland Boarding House, tempat hantu itu berhenti sejenak sebelum berbalik kembali ke Holliday Cemetery. Pada malam kedua, Tn. Crolley menyaksikan hantu itu diikuti oleh penampakan lain yang berpakaian hitam. Sekali lagi, hantu-hantu itu menuju ke rumah kos sebelum menghilang di pemakaman. Hantu-hantu East End tidak pernah terlihat lagi sejak tahun 1888.

PERPUSTAKAAN WILLARD

Dibangun pada tahun 1885, Perpustakaan Willard di Evansville merupakan perpustakaan umum tertua di Indiana. Perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan pertama yang memasang “kamera hantu” karena kemunculan berulang “ The Grey Lady “, penampakan yang pertama kali terlihat pada tahun 1937. Selama 78 tahun, pustakawan dan pengunjung mengaku melihat hantu tersebut.

Mengenakan kerudung abu-abu, hantu tersebut terlihat sepanjang hari dan malam di seluruh perpustakaan. Namun, Grey Lady tampaknya lebih suka bagian anak-anak, yang terletak di ruang bawah tanah perpustakaan. Saat tidak terlihat, hantu tersebut dikatakan menarik buku dari rak atau menampakkan diri sebagai titik-titik dingin yang berpindah-pindah di seluruh perpustakaan. Pada suatu kesempatan, polisi yang menanggapi alarm pencuri konon melihat seorang wanita berpakaian abu-abu tersenyum kepada mereka dari jendela lantai atas.

Saat Evansville Courier & Press memutuskan untuk memasang kamera di perpustakaan, gambar dan video yang dihasilkan oleh kamera hantu ini menjadi sangat sukses sehingga seluruh situs web dibuat untuk menampilkan semua rekamannya. Dengan semua publisitas ini, Perpustakaan Willard telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan hantu. Pada tanggal 19 April 2006, acara televisi Ghost Hunters menayangkan sebuah episode tentang penyelidikan yang diadakan di perpustakaan tersebut.


Help US With Share