Hantu Asal Korea

Help US With Share

Setiap negara pasti memiliki cerita misteri yang populer di masyarakat lokal bahkan dunia, begitu pula dengan Korea. Negara satu ini ternyata memiliki banyak cerita horor yang mengerikan. Di antaranya adalah kisah Gwishin, hantu atau roh yang masih hidup di dunia manusia.

Sama seperti cerita roh dari negara lainnya, Gwishin dikisahkan memiliki tugas yang tidak terpenuhi di kehidupan sebelumnya. Karena itu, Gwishin akan terus menghantui dunia hingga mereka bisa menyelesaikan tugasnya dan kemudian pergi ke akhirat. Berikut adalah hantu menyeramkan asal Korea.

DALGYAL GWISHIN (HANTU TELUR)

Dalgyal Gwishin disebut sebagai hantu telur, karena wajahnya yang rata. Dalgyal Gwishin diceritakan sebagai hantu yang tidak memiliki mata, hidung atau mulut. Ada juga Dalgyal Gwishin yang tidak punya lengan dan kaki.

Dalgyal Gwishin merupakan hantu yang hidup di pegunungan, mereka dikisahkan sebagai seseorang yang tidak memiliki anak di kehidupan sebelumnya.

Mahluk yang paling mengerikan ini sangat ditakuti masyarakat Korea, karena memang tugasnya membunuh manusia. Bukan dengan cara ditusuk, dicakar, ataupun dipenggal, hantu ini dapat membunuh orang hanya dengan menampakkan dirinya agar terlihat oleh manusia. Bahkan menurut mitos yang beredar, hingga saat ini belum ada yang selamat setelah melihat sosok hantu ini.

MUL GWISHIN (HANTU AIR)

Mul Gwishin merupakan legenda hantu air yang biasanya muncul di dekat danau, laut, bahkan dalam bak mandi. Mereka sering menampakkan diri dengan pakaian yang selalu basah, dan digambarkan memiliki lengan yang sangat panjang.

Walau begitu, konon hantu air ini tidak pernah memperlihatkan dirinya secara utuh pada manusia. Biasanya, yang terlihat hanya lengan Mul Gwishin yang sangat panjang. Sesekali, mereka hanya akan menampakkan kepalanya di atas air.

Menurut legenda, Mul Gwishin dikisahkan sebagai korban yang tenggelam. Mereka tidak sadar bahwa dirinya sudah meninggal dunia. Mereka akan mengejar perenang lain lalu menyeret korban dengan lengan panjangnya hingga meninggal dunia.

CHEUKSIN (DEWI TOILET)

Cheuksin merupakan dewi toilet dalam mitologi Korea. Sang dewi digambarkan sebagai gadis perawan yang memiliki rambut sepanjang 150 sentimeter. Mereka tinggal di dalam toilet yang gelap dan terisolasi dari rumah utama. Konon, hantu ini tidak segan untuk mengganggu atau mencelakai orang yang bertindak tidak wajar saat berada di kamar mandi,

Menurut cerita, siapapun yang mendekati toilet harus batuk sebanyak 3 kali untuk memberi tahu Cheuksin tentang kehadiran mereka dan memberi waktu agar sang dewi menghindar. Jika tidak melakukannya, maka Cheuksin akan marah, kemudian membungkus leher korban dengan rambutnya hingga orang tersebut meninggal.

CHEONYEO GWISHIN (HANTU GADIS PERAWAN)

Cheonyeo Gwishin diceritakan sebagai hantu gadis perawan yang terlihat memakai Hanbok (pakaian tradisional Korea) putih yang disebut Sobok. Pakaian ini biasanya dipakai saat orang tersebut meninggal dunia.

Dikisahkan, seorang wanita yang meninggal dunia sebelum dapat melaksanakan tugas-tugas Konfusianisme mereka untuk melayani para tetua dan calon suaminya akan menjadi Cheonyeo Gwishin. Kesal dan marah karena kutukan itu, roh tersebut kemudian akan menghantui desa atau kota bekas keluarga mereka.

Uniknya, salah satu metode untuk menenangkan kemarahan Cheonyeo Gwishin adalah dengan memperkenalkannya kepada Chonggak Gwishin. Chonggak Gwishin merupakan laki-laki yang setara dengan Cheonyeo Gwishin, yaitu hantu laki-laki yang meninggal sebelum menikah. Ritual ini akan dicoba untuk menyatukan kedua hantu, yang memungkinkan mereka untuk menikah dengan bahagia nantinya di akhirat.


Help US With Share