Bunga Sepatu, Flora Bermanfaat

Help US With Share

Bunga sepatu sering dijadikan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik. Dengan nama ilmiah Hibiscus rosa sinensis, tumbuhan yang dikenal di Indonesia sebagai bunga Sepatu ternyata memiliki banyak model dan ciri yang berbeda.

Tumbuhan ini pada masa lalu digunakan untuk membersihkan sepatu agar berkilau dan bersih kembali, yang kemudian dijadikan nama “Sepatu”, yang masih melekat hingga sekarang. Bunga ini juga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai persembahan.

Tanaman bunga ini dapat hidup di daerah tropis maupun sub tropis. Di Sumatra dan Malaysia, bunga sepatu disebut Bunga Raya. Orang Jawa menyebutnya kembang Worawari. Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Bunga sepatu yang dikeringkan juga dapat dijadikan teh. Di Okinawa, Jepang, bunga sepatu digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga banyak ditanam di makam.

Bunga Sepatu ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya manfaat kesehatan, berikut diantaranya.

Baik Untuk Rambut

Bunga Sepatu punya manfaat untuk merawat rambut. Sebelumnya, daun dari Kembang Sepatu ini bisa menghasilkan sabun dan membersihkan rambut. Dilansir dari healthbenefitstimes, bunga Sepatu memiliki kandungan vitamin C dan mineral.

Daun tumbuhan ini juga memiliki anti-inflamasi. Bagian bunganya dapat mengurangi rambut rontok, dan rambut beruban. Bunga Sepatu dapat menjadi solusi rambut rontok karena vitamin A dan C yang ada dapat melawan rambut rontok dan membantu tumbuhnya rambut. Selain itu, Bunga Sepatu juga bisa menghilangkan ketombe.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa Kembang Sepatu bisa membantu sel yang bertugas untuk jadi pelindung atau sistem kekebalan tubuh atau imun dari berbagai penyakit. Dengan meminum teh bunga sepatu, dapat membuat sistem imun dalam tubuh lebih kuat untuk mencegah atau melawan penyakit.

Mengurangi kolesterol dan darah tinggi

Mengonsumsi bunga sepatu, ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian mengatakan bahwa ekstrak dari bagian bunga sepatu ini dapat membantu arteri yang tersumbat sebanyak 22 persen.

Kadar saponin dalam bunga sepatu mengikat kolesterol, serta mencegah penyerapannya juga. Sama halnya dengan mengobati kolesterol, tumbuhan ini bisa bantu mengobati darah tinggi atau hipertensi. Dilansir dari livelittlelonger, ada senyawa bioflavonoid dalam teh bunga sepatu yang dapat membuat jantung lebih sehat.

Mengurangi Racun dan Berat Badan

Bunga sepatu memiliki banyak nutrisi dan mineral, sehingga dapat membantu tubuh mengurangi penyerapan terhadap lemak dan karbohidrat. Selain itu, bunga ini memiliki antidioksidan tinggi yang mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mencegah Kanker Kulit

Bunga Sepatu ternyata juga dapat mengobati kanker kulit dengan sifat protektifnya. Menurut penelitian, mengoleskan ekstrak bunga sepatu dapat mengembalikan enzim pelindung dan mencegah sel yang rusak.

Mengatasi Deman Dan Sembelit

Ternyata bunga sepatu sudah digunakan untuk pengobatan sejak dulu. Salah satu efek dari bunga sepatu dapat mengurangi suhu tubuh, sehingga membantu menurunkan panas demam. Pengobatan tersebut dilakukan oleh orang Mesir di zaman dahulu.

Di Afrika, bunga sepatu digunakan untuk mengurangi gejala sembelit. Tidak hanya itu, dilansir dari livealittlelonger, teh dari bunga sepatu dapat mengobati sakit perut akibat menstruasi dan mengobati menopause.

Obat Depresi

Karena mempunyai manfaat untuk membantu melancarkan darah, bunga sepatu punya cara untuk melindungi otak. Penelitian mengatakan, bahwa polyphenols dapat meningkatkan peredaran darah. Beberapa penelitian pun masih terus dilakukan. Namun, untuk saat ini dapat dikatakan bahwa Bunga Sepatu dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk depresi.


Help US With Share