Area 51, Rahasia Tersembunyi

Help US With Share

Area 51 atau US Air Force Flight Test Center, Detachment 3 serta samaran-samaran lain Dreamland, Watertown Strip, Paradise Ranch, The Farm, The Box, Groom Lake, dan The Directorate for Development Plans Area adalah sebuah daerah terisolasi di bagian selatan Nevada, yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat, digunakan sebagai pusat pembangunan rahasia dan percobaan pesawat tempur generasi baru. Berdasarkan Central Intelligence Agency (CIA), nama yang benar untuk fasilitas ini adalah Bandar Udara Homey dan Groom Lake, meskipun nama Area 51 digunakan dalam dokumen CIA dari Perang Vietnam. Area ini juga sangat terkenal karena diduga kuat sebagai pusat penelitian UFO yang sampai sekarang dianggap sebagai salah satu teori konspirasi yang belum terungkap.

Area 51 merujuk pada lokasi di peta dan nama populer pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pangkalan ini berlokasi di Danau Groom, danau kering di gurun Nevada, sekitar 135 kilometer di sebelah utara Las Vegas.

Apa yang terjadi di dalamnya sangat rahasia. Masyarakat umum tidak diperkenankan mendekat. Banyak tanda peringatan, pengawasan elektronik dan penjaga bersenjata.
Terbang melintasi Area 51 juga dilarang, meskipun lokasi ini sekarang dapat dilihat pada gambar satelit. Pangkalan militer ini memiliki landasan pacu sepanjang 3,7 km.
Area 51 dapat dilihat di peta maupun di Google Maps. Tapi tidak sembarang orang bisa memasuki area ini. Area ini dijaga oleh penjaga bersenjata yang dikenal dengan nama ‘camo dudes’ karena pakaian yang mereka gunakan saat patroli.

Bagi yang nekat untuk memasuki Area 51 tanpa izin, siap-siap mendapat denda yang cukup besar, seperti sekelompok turis yang tidak sengaja memasuki area terlarang di Area 51 beberapa tahun yang lalu. Mereka dijatuhi denda sebesar USD 650.
Fasilitas ini terletak di dua area militer rahasia lainnya: Nevada Test Site—tempat AS melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1950an hingga 1990an—serta Nevada Test and Training Range.
Seluruh kawasan ini melingkupi lahan seluas 2,9 juta hektare.
Menurut militer AS, tempat itu mewakili “ruang pertempuran yang fleksibel, realistis, dan multidimensi untuk melakukan pengembangan pengujian taktis, dan pelatihan lanjutan”.

Area 51 dibangun pada era Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet, sebagai fasilitas untuk menguji dan mengembangkan pesawat, termasuk pesawat U-2 dan SR-71 Blackbird
Meski fasilitas itu dibuka pada 1955, keberadaanya baru secara resmi diakui oleh badan intelijen CIA pada Agustus 2013.
Empat bulan setelah pengungkapan oleh CIA, Presiden AS kala itu, Barack Obama, menjadi presiden pertama AS yang mengungkap Area 51 kepada publik.

Meskipun informasi resmi tentang Area 51 sangat minim, diyakini bahwa militer AS terus menggunakan Area 51 untuk mengembangkan pesawat mutakhir.
Sekitar 1.500 orang diyakini bekerja di sana, banyak yang bepergian dengan pesawat sewaan dari Las Vegas.
Beberapa program spionase paling canggih di dunia diyakini ada di lokasi tersebut.
Area 51 adalah fasilitas tes dan pelatihan. Penelitian dimulai dengan pesawat mata-mata U-2 pada 1950-an dan sekarang telah beralih ke drone.

Rahasia yang menyelimuti Area 51 telah memantik banyak teori konspirasi.
Yang paling terkenal adalah klaim bahwa di pangkalan militer itu terdapat pesawat luar angkasa dan alien sebagai pilotnya, setelah pesawat itu jatuh di Roswell, Negara Bagian New Mexico, pada 1947.
Pemerintah AS menegaskan tidak ada alien dan pesawat yang dimaksud jatuh adalah balon cuaca.
Klaim lain adalah beberapa orang melihat adanya UFO di atas dan di dekat situs itu, sementara lainnya mengaku telah diculik oleh alien dan bahkan menjadi objek eksperimen, sebelum akhirnya dikembalikan ke Bumi.

Dan, pada 1989, seorang pria bernama Robert Lazart mengklaim bahwa dia pernah bekerja di pusat teknologi alien di dalam Area 51.
Dia mengklaim telah melihat beberapa foto medis dari alien tersebut dan menyebut bahwa pemerintah menggunakan fasilitas itu untuk memeriksa UFO.
Keterkaitan Area 51 dengan alien telah berfungsi sebagai pengalihan isu yang berguna bagi badan intelijen.
Pada awal 1950 CIA mengembangkan kantor UFO untuk menangani penampakan benda terbang tak dikenal di Nevada. Ketika orang pertama kali melihat pesawat mata-mata U-2 terbang, tidak ada yang tahu apa yang mereka lihat, CIA menggunakan disinformasi itu untuk keuntungan mereka dengan mengembangkan mitologi alien.

Tanda peringatan di sekitar Area 51 jelas-jelas menyebut bahwa tidak ada penyusup yang akan ditoleransi.
Angkatan Udara AS memperingatkan bahwa Area 51 “adalah area pelatihan terbuka untuk Angkatan Udara AS, dan kami akan mencegah siapa pun yang mencoba datang ke kawasan tempat kami melatih angkatan bersenjata Amerika.
“Angkatan Udara AS selalu siap melindungi Amerika dan asetnya.”

Banyak yang masih percaya menggunakan Area 51 untuk ‘meneliti’ tentang alien dan piring terbang. Namun sebenarnya, tempat rahasia ini telah digunakan untuk membangun pesawat mata-mata dan membuang limbah beracun. Sebuah pesawat lepas landas dari terminal pribadi di Bandara Internasional McCarran Las Vegas terlihat hampir setiap pagi, antara pukul 3.30 dan 4.00 pagi, pesawat yang tidak memiliki logo perusahaan di ekornya, waktu keberangkatannya juga tidak tercantum di papan status penerbangan bandara.
Area 51 adalah salah satu dari serangkaian fasilitas rahasia milik pemerintah di gurun Nevada yang terpencil. Itu telah menjadi subjek ketertarikan publik dan banyak teori konspirasi selama beberapa dekade. Mungkin saja rahasia sebenarnya dari Area 51 lebih mengerikan daripada UFO yang mendarat di area yang tersegel.
Pada tahun-tahun sejak akhir tahun 1940-an, tidak ada tempat di dunia ini yang separah nuklir Nevada selatan. Ratusan bom nuklir Amerika dan Inggris telah meledak di sana, dan di beberapa tempat, debu di udara bersifat radioaktif dan beracun dari logam berat. Bahkan ada kecurigaan bahwa kanker fatal aktor John Wayne mungkin disebabkan saat dia menghabiskan waktu syuting film tentang Jenghis Khan di Nevada.
Kita tidak tahu berapa lama isotop radioaktif akan bertahan di tanah Area 51 dan sekitarnya, tetapi beberapa dari mereka memiliki waktu paruh ribuan tahun. Namun, kerahasiaan luas di Area 51 mungkin menyembunyikan berbagai jenis bahaya.
Jika pemerintah melarang publik memasuki suatu tempat dan melarang pers mengajukan pertanyaan, pelanggaran pasti akan terjadi. Menurut pengacara Jonathan Turley, yang mewakili pekerja Area 51 dalam dua tuntutan hukum pada 1990-an, “pemerintah telah menempatkan peralatan yang dibuang dan limbah berbahaya di parit terbuka sepanjang lapangan sepak bola, lalu menyiram mereka dengan bahan bakar jet dan membakarnya.”
Asap sangat beracun yang bertiup melalui pangkalan gurun dikenal sebagai ‘kabut London’ oleh para pekerja. Mereka menggugat pemerintah, dan pengadilan mengakui bahwa pembakaran limbah beracun adalah kejahatan federal, tetapi pemerintah menolak untuk membocorkan nama pangkalan dan zat apa yang telah dibakar. Yang harus dilakukan hanyalah mengucapkan kata-kata ajaib – “keamanan nasional” – dan pengadilan tidak dapat memaksanya untuk menjawab pertanyaan lagi.


Help US With Share