Merah Delima, Mustika Ajaib

Help US With Share

Mirah delima, merah delima, atau batu rubi adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah. Rubi alami sangat jarang, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.
Percaya tidak percaya, batu merah delima ini memang sangat spesial dan sering dikatakan memiliki banyak kesaktian. Konon, barang siapa yang bisa memilikinya, maka ia bakal mendapatkan apa pun yang diinginkannya. Harta, wanita, semuanya seolah mudah ketika seseorang punya batu ini. Bahkan, katanya lagi, batu merah delima juga membuat seseorang mampu mendapatkan kekuasaan yang luas. Merah delima juga bukanlah batu yang bisa kita beli begitu saja di pasar akik. Untuk mendapatkannya kita harus melakukan banyak usaha dan belum tentu berhasil.
Di kalangan masyarakat khususnya para penggemar batu, yang bukan abal-abal, mereka sangat percaya jika batu merah delima memanglah bertuah. Sejak dulu batu ini selalu dikaitkan dengan banyak manfaat gaib seperti kebal senjata, bisa bikin usaha laris, bahkan bisa membuat si penggunanya menghilang.
Terdapat beberapa tokoh yang memiliki versinya masing-masing mengenai bagaimana batu akik merah delima ini bisa muncul dan beredar di masyarakat. Salah satunya RM. WAP. Diponegoro, seorang spiritualis asal Yogyakarta. Menurut beliau, batu merah delima berasal dari fosil buah biji delima yang mengeras dan kemudian diolah sedemikian rupa menjadi sebuah perhiasan berwarna merah delima.
Menurut Gus Simon, seorang spiritualis dan pengasuh salah satu pesantren asal Surabaya. Batu merah delima ini sudah ada sejak jaman Nabi Sulaiman AS dan merupakan karunia dari Tuhan, yang kemudian dihadiahkan oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Bilqis.
Namun hingga saat ini masih belum bisa dipastikan versi siapa yang paling benar karena belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan asal usul secara historis dari batu ini.
Untuk fisik si pemiliknya sendiri batu ini juga memberikan manfaat. Barang siapa yang memakainya, maka seketika nampak sangat berwibawa, tampan, dan juga menjadi begitu menarik di mata wanita. Secara tidak langsung batu ini membuat pemiliknya memiliki kehidupan yang lebih baik.
Merah delima adalah batu yang spesial, tak hanya manfaatnya tapi juga cara mendapatkannya. Berbeda dengan bacan atau jenis batu yang lain di mana kita bisa mencarinya di alam, merah delima nyaris mustahil untuk didapatkan dengan cara yang sama. Alasannya selain karena langka, ia biasanya juga terdapat di tempat yang sangat dalam.
Mencarinya sendiri juga ada caranya. Tidak asal gali kemudian ketemu, pencarian merah delima selalu melibatkan hal-hal gaib. Menurut ahlinya, mencari batu ini butuh ritual khusus yang prosesinya banyak. Kurang lebih sama seperti mencari pusaka gaib. Pencariannya juga tak dilakukan sekali dua kali tapi sering. Meskipun pencarian dilakukan terus menerus, kemungkinan untuk mendapatkan si merah delima tidak bisa dipastikan, bahkan kesempatannya sangat kecil.
Dengan pamor dan juga harga yang melejit, sudah barang pasti kalau di luar sana beredar banyak sekali batu merah delima palsu. Sangat disayangkan, cukup banyak juga orang-orang yang tertipu dengan hal tersebut. Menurut para ahli, ada banyak cara untuk mengetahui asli atau palsunya sebuah batu delima.
Pertama adalah melihat fisiknya. Batu merah delima selalu berwarna merah agak gelap. Kalau tidak seperti itu bisa dipastikan jika batu tersebut palsu. Batu ini juga berpendar ketika berada di kegelapan. Cara kedua adalah dengan menenggelamkannya dalam sebuah gelas berisi air. Batu merah delima asli akan membuat air tersebut turut berwarna merah.
Membeli batu merah delima sendiri tidak boleh sembarangan. Pasalnya, si batu ini ternyata pilih-pilih pengguna. Hanya orang yang berhati baik saja yang bisa memilikinya. Jika tidak, batu ini kemungkinan besar akan lenyap. Kadang seseorang yang baik perilakunya juga bisa dilihat dari merah delima yang dimilikinya.
Susah dinalar kenapa sebuah batu bisa bikin heboh. Yang jelas merah delima di kalangan masyarakat memang seperti ini kesannya, sangat sakral dan mahal. Konon katanya, menurut rumor yang beredar, Bung Karno dan Pak Harto juga memiliki batu ini. Oleh sebab itu, mereka bisa begitu berkuasa.
Dalam banyak kisah, banyak orang yang sering menghubungkan batu berwarna merah ini dengan kisah mistis atau gaib. Rumornya tidak sembarang orang bisa memiliki batu ini. Bahkan dipercaya bahwa orang yang ingin memilikinya harus melalui ritual khusus terlebih dahulu.
Masyarakat Jawa pada jaman dahulu mempercayai bahwa batu akik merah delima merupakan jelmaan dari bangsa jin maupun makhluk halus yang mengubah diri menjadi sebuah cincin.
Menurut mereka, hanyalah orang dengan jiwa yang suci dan bersih yang mampu mendapatkan batu ini. Faktanya batu akik merah delima ini hingga sekarang banyak diperjual belikan di banyak tempat, meskipun sulit untuk menjamin secara penuh keasliannya.
Mustika merah delima ini hanya ada di tanah Jawa, mitosnya Mustika ini merupakan hadiah dari Kanjeng Ratu Kidul kepada Kanjeng Sultan Hamengkubuwono I. Batu Mustika merah delima ini merupakan babon atau induk Mustika merah delima versi Mataram Islam hingga Solo-Jogya.
Barang siapa yang dapat memiliki Mustika ini akan memperoleh kemampuan yang luar biasa, seperti anti tembak, anti bacok, bisa menghilang, memiliki kewibawaan yang tinggi, serta mampu mencapai segala hajatnya dengan baik. Cerita inilah yang kemudian menjadi mitos dan berkembang hingga saat ini.
Karena berasal dari alam gaib, tentu Mustika merah delima ini memiliki khodam atau sejenis makhluk gaib yang menjadi penunggunya. Seiring dengan perkembangan jaman, maka khasiat Mustika merah delima inipun menjadi terbagi, ada yang hanya memiliki khasiat untuk perlindungan pemiliknya, ada yang berguna untuk menderaskan rejeki pemiliknya, ada yang hanya berkhasiat untuk menambah keberuntungan pemiliknya, dan bahkan ada yang memiliki ketiga khasiat tersebut dalam satu Mustika.
Harga batu rubi terutama ditentukan oleh warna. Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama. Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi. Dengan memandang manfaat serta susahnya mendapatkan batu ini, maka jadi hal yang masuk akal kalau akhirnya merah delima dibanderol sangat mahal. Harga biasanya sih ratusan juga untuk ukuran yang sangat kecil. Dan makin besar biasa bakal semakin mahal, bahkan hingga sampai miliaran.


Help US With Share