Valentine Day: "Kisah Tragis di Balik Hari Bahagia"

Valentine Day: “Kisah Tragis di Balik Hari Bahagia”

Help US With Share

percayagapercaya.com  —  Seperti yang kita ketahui, hari valentine merupakan hari kasih sayang yang dirayakan bersama orang tercinta, menghabiskan waktunya bersama, bertukar hadiah dan mengirimkan kartu ucapan berisi ungkapan kasih sayang seseorang.

Namun kisah sejarah Hari Valentine yang tidak semanis yang dilakukan orang oleh orang sekarang ini. Ada beberpa versi cerita tentang Valentine dan semuanya berakhir dengan kesedihan.

Versi Cerita Valentine Day

Salah satu versi cerita yang ada bahwa perayaan Hari Valentine merupakan perayaan tahunan Lupercalia yang diadakan setiap tanggal 15 Februari. Perayaan ini sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, didalam perayaan ini para lelaki tanpa memakai busana sambil mencabuki perempuan dengan menggunakan cambuk dengan harapan meningkatkan kesuburan para perempuan.

BACA JUGA :

Cara Membandingkan Wabah SARS, MERS, dan Covid-19

Sementara pada versi lain, Hari Valentine dari abad ke tiga pada masa zaman Kaisar Romawi Claudius II. Yang saat itu melarang para pemuda untuk menikah. Sebab, menurut dirinya menikah membuat mereka tidak akan produktif lagi dan mereka tidak menjadi prajurit yang baik.

Namun, ada seorang pemuda bernama Valentine yang melanggar peraturan itu. Secara diam-diam ia menikahkan beberapa pasangan namun kisahnya berakhir dengan tragis. Karena dia harus ditangkap dan dipenjara, bahkan dikatakan dia dihukum penggal pada 14 Februari pada masa-masa tersebut.

Di legenda lain, ada yang mengatakan bahwa Valentine dipencara oleh Claudius II karena ia yang jatuh cinta kepada putri sipir penjara. Sebelum untuk dieksekusi, dia sempat mengirimkan surat bertuliskan “From your Valentine”.

Cerita yang lain juga mengisahkan, seorang laki-laki Kristiani bersama Valentine yang menolak untuk menyembah berbagai dewa Romawi dan akhirnya dipenjarakan. Teman-temannya sering mengirim pesan lewat jendela penjara kepadanya. Atas kelakukannya yang melanggar peraturan, banyak cerita mengatakan Valentine dieksekusi di tanggal 14 Februari.


Help US With Share