Tanjakan Angker Di Indonesia

Help US With Share

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan banyak hal, termasuk daerahnya yang subur hingga banyak menyimpan kisah mistis di kalangan masyarakat. Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah tanjakan paling angker yang ada di Indonesia. Tanjakan itu memang sering dilewati kendaraan, namun menyimpan beragam mitos yang menyelimuti sehingga tampak menyeramkan.

Bahkan, sebagian besar masyarakat juga masih meyakini bahwa tanjakan-tanjakan itu sering meminta korban jiwa. Maka tidak heran bila ada saja orang yang mengalami kecelakaan tragis sampai merenggut nyawa. Ada pula pantangan yang tertentu agar tidak diganggu makhluk halus. Berikut tanjakan angker yang ada di Indonesia.

TANJAKAN TARAHAN

Tanjakan angker di Lampung juga bisa dirasakan saat kita melewati sebuah jalan yang bernama Tanjakan Tarahan. Di kawasan tersebut, sering terjadi kecelakaan yang tidak jarang menewaskan pengendara. Konon, tanjakan itu dihuni dua sosok makhluk astral, dan siluman buaya besar di dekat tanjakan yang terkenal angker itu.

TANJAKAN PANGANTEN

Tanjakan Panganten yang berada di Garut, Jawa Barat dan tentu saja terkenal dengan keangkerannya. Selain memiliki kondisi yang cukup terjal, ada pula mitos sehingga membuat jalur ini cukup dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Konon, bila ada pengantin yang lewat tanjakan ini, mereka harus turun lebih dulu. Lalu, setelah beberapa meter lewat, pengantin bisa naik kembali ke kendaraan yang ditumpanginya. Pada awalnya, tanjakan ini bernama Cisandaan, namun karena banyak insiden kecelakaan yang melibatkan pengantin di tempat ini, masyarakat setempat kemudian menyebutnya sebagai Tanjakan Penganten.

TANJAKAN NAGREG

Bila kita ingin bepergian dari Bandung ke Garut atau sebaliknya, tentu akan melewati tanjakan paling angker di Indonesia satu ini. Bukan hanya sebagai jalur kemacetan saat musim libur tiba, jalur ini juga cukup sering menelan korban jiwa. Menurut mitos yang beredar, konon ada nenek-nenek yang sering memperlihatkan diri kepada pengendara. Akibatnya, mereka yang kebetulan melihat akan terkejut hingga kehilangan konsentrasi dan kecelakaan. Namun, di balik mitos itu Jalur Nagreg menawarkan alam yang begitu indah. Nuansa dan udaranya yang begitu menentramkan jiwa, tidak jarang para pengendara sengaja berhenti hanya untuk mengabadikan foto di kawasan jalan tersebut.

TANJAKAN KRUMPUT

Tanjakan Krumput yang berada di Banyumas, Jawa Tengah ini juga termasuk ke dalam tanjakan paling angker di Indonesia. Jalur ini dianggap angker lantaran letaknya yang berada di kawasan perkebunan karet dan kontur jalan yang berliku-liku serta sepi. Ada juga mitos untuk pengendara yang melewati jalan ini harus melempar koin. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan diri pengendara. Awal mula adanya mitos tersebut berawal saat zaman penjajahan. Di mana truk yang membawa serdadu Belanda mengalami kecelakaan dan terguling. Oleh karena itu, saat melintas di lokasi itu para pengemudi harus melemparkan koin sebagai tanda keselamatan.

TANJAKAN GOMBEL

Di wilayah Jawa Tengah ada sebuah tanjakan yang dikenal lantaran keangkerannya. Jalur tersebut dinamakan sebagai Tanjakan Gombel yang berada di Semarang. Ada asal usul mengapa disebut demikian, konon saat masa penjajahan kawasan Gombel ini adalah area pemakaman dan dianggap angker. Seiring berjalannya waktu, kawasan itu dibangun menjadi lahan jalan raya. Namun, sebelum itu, mayat dan jenazah yang telah terkubur di kawasan ini akan dipindahkan. Namun saat itu masyarakat Tionghoa menentang, karena tidak mudah untuk memindahkannya. Sebab itu, saat dibangun jalan dan tanjakan, jenazah tersebut belum sempat dipindahkan.

TANJAKAN EMEN

Tanjak Emen yang berada di Jalan Raya Subang, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini menyimpan kisah mistis yang membuat bulu kuduk berdiri. Setiap wisatawan dari arah utara yang hendak menuju Lembang pasti akan melewati jalur penuh misteri tersebut. Tanjakan ini disebut sering ada kecelakaan lalu lintas yang sampai menelan korban jiwa. Beredar mitos bahwa Tanjakan Emen adalah tempat yang dipenuhi oleh banyak makhluk astral alias makhluk tidak kasat mata atau gaib. Menurut cerita yang beredar, kadang mereka akan berbuat jahil terhadap kendaraan yang tengah melintas di jalur tersebut. Percaya atau tidak, pengendara harus lebih berhati-hati saat melewati tanjakan paling angker di Indonesia itu.


Help US With Share