Tanda Orang Yang Akan Dijemput Ajal

Help US With Share

Setiap makhluk hidup yang terlahir di dunia ini, pasti akan mengalami sebuah peristiwa yang disebut kematian. Entah itu cepat atau lambat, muda atau tua, sehat atau sakit, siapa saja bisa menemui ajalnya terlebih dahulu jika Tuhan memang sudah memanggilnya. Kematian adalah terputusnya kehidupan di dunia untuk melakukan perjalanan menuju akhirat dimana hanya amal dan kebaikan saja yang akan dibawa. Tidak ada satupun manusia yang bisa mencegah saat ajal akan menjemputnya, namun manusia hanya bisa mengenali tanda-tanda kematian yang perlahan mulai ia alami, seperti ciri-ciri fisik yang mulai berubah hingga nafas yang mulai melemah. Selain ciri-ciri fisik, tanda-tanda kematian mulai mengintai seseorang juga bisa dirasakan melalui pengalaman ataupun fenomena yang diluar akal sehat seperti mendapat firasat buruk, bertemu orang terkasih yang telah meninggal hingga mampu melihat sesuatu yang orang lain tidak bisa melihatnya.

Konon, orang yang akan meninggal, dia sudah tahu mulai 100 hari sebelum ajal menjemput. Pada saat-saat itu ia pun memberi tanda-tanda pada orang-orang dekatnya. Tapi tanda-tanda tersebut tidak disadari oleh orang-orang sekitar. Mereka baru menyadari kalau orang itu sudah meninggal.

Berikut ini beberapa tanda-tanda atau bisa dikatakan fenomena yang biasanya terjadi disaat seseorang sudah dekat dengan ajalnya.

1. Tidak dapat melihat bayangan sendiri
Percaya atau tidak percaya, namun beberapa sumber mengatakan jika seseorang yang sudah dekat dengan ajalnya terkadang tidak dapat melihat bayangannya sendiri. Tidak peduli dirinya berada dibawah sinar matahari atau sinar bulan, seseorang yang mendekati kematian tidak akan bisa melihat bayangannya sendiri. Tanda ini biasanya mulai terjadi dari 6 bulan sebelum seseorang menemui ajalnya.

2. Bisa melihat bintang pada siang hari
Orang-orang yang semakin mendekati ajalnya, dikatakan dapat melihat bintang pada siang hari, yang mana orang lain tidak mungkin bisa melihatnya. Dan sebaliknya, mereka yang ajalnya semakin dekat justru tidak dapat melihat bintang pada malam hari. Tanda ini memang luar biasa dan tidak bisa di nalar oleh akal sehat. Namun percaya atau tidak percaya, menurut beberapa sumber tanda ini akan muncul 6 bulan sebelum ajal menjemput.

3. Tidak silau saat menatap matahari bahkan saat siang hari
6 bulan sebelum ajal menjemput, dikatakan seseorang yang semakin dekat ajal mengalami beberapa pertanda atau mendapat isyarat bahwa umurnya sudah tidak akan lama lagi. Salah satunya adalah dapat melihat sinar matahari dengan mata telanjang tanpa merasakan silau sedikitpun. Entah karena apa namun jika Tuhan sudah berkehendak apapun bisa saja terjadi.

4. Mudah gelisah
Gelisah merupakan salah satu sifat yang begitu alami dan manusiawi. Beberapa orang bersaksi, bahwa saat orang-orang terdekat mereka sedang mendekati ajal, maka mereka tiba-tiba akan gelisah. Mereka biasanya tidak akan bisa tertidur nyenyak, seperti selalu ada yang dipikirkan namun saat ditanya apa yang dipikirkan, mereka yang tengah mendekati ajal akan bingung menjawab apa yang sebenarnya tengah ia pikirkan. Selain itu, mereka juga terkadang bisa mengalami kebingungan dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan dirinya.

5. Dapat melihat malaikat maut
Percaya atau tidak percaya, semakin kita mendekati ajal, maka malaikat pencabut nyawa atau malaikat maut selalu berada disekitar kita dan mengintai kita kemanapun kita pergi. Dan sesekali malaikat maut akan menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejut dan bingung melihat malaikat maut.

6. Kebiasaan yang mulai berubah
Tanda-tanda yang mungkin bisa dibilang paling sering terjadi namun tak pernah disadari adalah kebiasaan seseorang yang mulai berubah. Mungkin hal ini kebanyakan terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit parah. Salah satunya seperti berubahnya kebiasaan ataupun nafsu makan. Seseorang yang tengah mendekati ajal biasanya tiba-tiba akan bersemangat dan meminta makanan. Ia akan makan dengan lahap, padahal sebelumnya, ia tak memiliki nafsu makan atau sangat susah makan. Jika hal ini terjadi, kemungkinan ajal pun siap menjemput.

7. Menarik diri atau malas berbicara
Tanda-tanda seseorang akan segera menemui ajalnya adalah mereka akan menarik diri dari keramaian dan malas berbicara dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Percaya atau tidak percaya, namun beberapa orang mengatakan bahwa saat orang-orang terdekat mereka tengah mendekati ajal, mereka seakan menarik diri dari keramaian dan lebih suka menyendiri, bahkan ada yang bilang jika mereka lebih suka berbicara sendiri atau berbicara dengan sosok yang tidak kasat mata. Namun menurut segi psikologis, ini adalah ciri seseorang untuk menarik diri dari dunia dan ingin lebih merefleksikan diri sendiri dan bersiap untuk meninggal.

8. Bermimpi
Bermimpi tentang kematian, hingga bermimpi bertemu oleh orang terkasih yang telah meninggal hingga diundang ke rumah mereka adalah salah satu tanda atau firasat seseorang akan segera menemui ajalnya. Tanda ini mungkin sering kita dengar sendiri atau lihat di film-film.

9. Ingat orang yang telah meninggal
Tanda seseorang akan segera menemui ajal selanjutnya adalah tiba-tiba mengingat kenangan dan sangat merindukan orang yang telah meninggal. Gejala ini kemungkinan besar akan dialami oleh orang-orang yang akan menemui ajalnya.

10. Mendengar suara-suara dari atas atap
Tanda selanjutnya yang menunjukkan seseorang akan segera menemui ajalnya adalah seseorang tersebut dapat mendengar bunyi atau suara-suara yang berasal dari atas genteng rumah atau ruangan yang ia tempati. Suara itu menandakan bahwa malaikat maut telah datang untuk menjemput dirinya. Tanda tersebut hanya sebagian orang yang mengetahuinya. Semua tanda-tanda kematian adalah kehendak Tuhan agar orang selalu ingat akan kematian.

Walau kematian sudah ditentukan oleh Tuhan, namun kita sebagai hamba Tuhan hanya bisa mengenali tanda-tanda yang akan terjadi menjelang ajal menjemput nanti, setidaknya kita harus mempersiapkan diri jika suatu saat nanti tiba-tiba ajal menjemput kita.

 


Help US With Share