Pohon Yang Menjadi Sarang Hantu

Help US With Share

Bagi masyarakat Indonesia yang percaya dengan mitos, pasti yakin dan sudah mengenal tentang beberapa jenis pohon yang dijadikan sarang makhluk gaib. Disebut sarang karena makhluk gaib yang mendiami pohon tersebut tidak hanya satu, tetapi banyak. Selain itu, makhluk tersebut bisa menempati pohonnya sejak lama. Seperti halnya manusia yang menempati sebuah rumah cukup lama dan sudah nyaman tinggal di situ. Berikut beberapa pohon yang diyakini menjadi sarang makhluk gaib.

POHON BAMBU

Sudah menjadi rahasia umum bagi yang mempercayai mitos, jika terdapat pohon bambu yang rimbun di sekitarnya pasti ada setan yang tinggal di situ. Oleh karena itu, banyak orang takut saat mendekati atau berada di rerimbunan pohon bambu.

Sebagian masyarakat percaya bahwa pohon bambu merupakan sarang dari genderuwo atau wewe gombel, yang diceritakan dalam banyak cerita mempunyai tubuh besar dan berambut panjang menyeramkan. Hantu tersebut suka menculik anak kecil yang masih bermain dan berkeliaran saat menjelang malam.

Sementara itu, ada juga anggapan di tengah masyarakat bahwa pohon bambu bisa mengusir setan dan sihir jahat. Oleh karenanya, mereka yang percaya hal itu justru menanam pohon bambu di sekitar rumahnya.

POHON RANDU

Pohon Randu juga diyakini sebagai pohon yang menjadi sarang makhluk gaib. Jenis hantu atau setan yang suka tinggal di pohon randu, yaitu kuntilanak. Kuntilanakdigambarkan berwujud wanita berwajah seram dan menakutkan, berbaju putih, dan berambut panjang. Mitos yang beredar, kuntilanak saat masih hidup merupakan seorang wanita yang dibunuh dengan kejam oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah meninggal, dia menjadi arwah gentayangan yang mencari dan menuntut balas para pelakunya. Sementara itu, kuntilanak banyak tinggal di atas pohon. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang melihat sosok penampakan wanita berbaju putih duduk di dahan pohon dengan sorot mata yang tajam merah menyala.

Pohon yang populer sebagai tempat tinggal kuntilanak, yaitu randu atau sering disebut pohon kapuk. Pasalnya, buah randu bisa diambil serat yang nanti diolah menjadi isi bantal, guling, atau sejenisnya. Biasanya, pohon randu masih banyak ditanam di pedesaan. Namun, mereka yang percaya sosok kuntilanak bersarang di situ, tentu akan menjauhi pohon randu.

POHON KAMBOJA

Pohon Kamboja ini banyak ditanam di area pemakaman. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang mempercayai pohon ini sebagai sarang makhluk gaib. Lokasi pekuburan yang banyak terdapat pohon kamboja, disitulah yang diyakini banyak orang berhantu. Dikarenakan ada di kuburan, maka banyak hantu dan setan yang tinggal di situ. Terutama para makhluk gaib tersebut tinggal dan bersarang di dahan-dahan pohon kamboja. Tidak sedikit orang yang merasa takut saat melintas didekat pohon tersebut saat di kuburan.

POHON PISANG

Bagi mereka yang percaya, pohon ini merupakan sarang makhluk gaib. Misalnya, masyarakat tradisional dan kejawen yang hidup di pulau Jawa percaya jika pohon pisang merupakan tempat kesukaan setan pocong. Jenis setan yang yang memakai kain kafan berwarna putih dan diikat di atas kepalanya. Bentuk batang pohon pisang yang lurus dan sama diibaratkan seperti bentuk setan pocong. Apalagi jika banyak pohon pisang yang ditanam di suatu tanah kosong, seperti kebun yang tidak terawat.

Pada malam hari, mereka meyakini setan pocong biasa bermunculan. Ada juga yang melakukan uji nyali dengan berdiam diri di tengah pohon pisang hanya untuk sekedar membuktikan eksistensi setan pocong.

POHON BERINGIN

Pohon beringin memang sangat identik dengan sarang jin, setan, demit, atau sebutan makhluk gaib lainnya. Biasanya, pohon beringin ditanam dan ada di tiap alun-alun atau lapangan besar di tiap kota di Indonesia. Dilihat dari fisiknya, pohon beringin memang cukup menakutkan. Pohonnya yang besar dan tinggi menjulang. Ditambah daun-daunnya yang rimbun serta rindang. Apalagi jika pohon beringin yang berumur tua, pasti batang dan dahanya lebih besar, serta daunnya sangat rimbun. Banyak yang percaya pohon beringin besar menjadi tempat atau sarang para setan, seperti genderuwo. Mereka yang mempercayainya, bahkan sampai memberikan sesajen di bawah pohon beringin yang diyakini ada penghuninya.

 

 

 

 

 

 


Help US With Share