tradisi-aneh-pernikahan-hantu-di-negeri-china

Pernikahan Hantu di China? Seram!

Help US With Share

Pernikahan ?

Menikah itu memang diharuskan, untuk memiliki sebuah keluarga dan memiliki keturunan. Hanya saja pernikahan berbeda terjadi di China. Negeri yang terkenal dengan Panda dan Tirai Bambu ini sering memberikan kejutan dengan hal-hal gaib contohnya saja, pernikahan hantu.

Tradisi ini terkait dengan kematiannya seorang anggota keluarga yang harus menguburkan harta benda kesayangannya dan mencarikan pasangan bagi mereka yang sudah meninggal jika jenazah masih belum menikah.

Pernikahan ini biasa disebut 冥婚  /  mínghūn . Yang berarti adalah perkawinan antar roh. Pernikahan hantu di China ini juga tradisi dimana menikahkan kedua mayat atau menikahkan seorang yang hidup dengan yang mayat. Masyarakat Cina yang percaya bahwa mencarikan pasangan untuk anggota keluarga yang meninggal saat masih lajang merupakan bagian dari tanggung jawab pihak keluarganya. Selain itu juga mereka percaya bahwa jika anggota keluarga yang meninggal tidak dipenuhi keinginannya, maka akan membuat arwah menjadi penasaran dan membawa ketidakberuntungan bagi keluarga.

Ada juga yang percaya bahwa tradisini ini dibuat untuk mengurangi angka wanita yang belum married untuk menghindari adik menikah duluan daripada sang kakak. Akan tetapi untuk mencari seorang yang hidup untuk dinikahkan bukanlah perkara yang sangat mudah.

Ritual Mínghūn

Pernikahan Hantu di China biasanya diwakili oleh patung ataupun boneka yang terbuat dari kertas, bambu ataupun kain. Jika memang memakai kertas yang dibentuk dari bambu maka disamping mereka masing-masing dibuat berdiri pelayan yang terbuat dari kertas juga dan ruangan berisi banyak patung kertas lain seperti meja rias, meja dan kursi, uang yang aman, lemari es, dan pakaian kertas serta kain. Setelah upacara pernikahan siap, maka semua barang kertas yang telah dibakar akan dipakai oleh pasangan.

Pengantin wanita yang diperlakukan seperti pengantin hidup, ikut berpatisipasi dimulai dari diundang masuk dan keluar taksi, kedatangan pengantin wanita diberitahu ketika sampai dirumah pria sampai acara pesta makan. Setelah selesai, boneka akan dibakar.

Baca Disini :

Aisyah Peneror Driver Online ?

Adapula pernikahan yang menggunakan mayat sungguhan dengan mempertemukan kedua mayat tersebut, menggali kuburan anaknya serta membawa mereka ketempat pembakaran.

Disamping pembakaran terakhir pasangan baru ini upacara pernikahan hantu dimulai. Mereka akan dikatakan suami istri karena telah dibakar berdua dan sah. Meskipun dimasa hidupnya mereka tak mengenal satu sama lain, tapi pasangan ini dipercaya bahagia dialam lain karena tidak kesepian.

Di era yang modern ini sudah tidak ada lagi pernikahan hantu. Namun, sebagian besar kasus ini masih ditemukan di bagian tengah Cina, seperti Shanxi dan provinsi Henan. Tapi, ahli feng shui Hong Kong juga menegaskan bahwa tradisi kuno ini masih hidup di kalangan masyarakat Cina, Asia Tenggara.

BACA JUGA :

Produksi iPhone Menurun Akibat Virus Corona


Help US With Share