Mitos Terbangun Tengah Malam

Help US With Share

Mitos terbangun tengah malam memang identik dengan hal-hal berbau mistis. Cerita turun-temurun ini dipercaya sebagai tanda, bahwa makhluk tidak kasat mata sedang berusaha mengganggu dan ingin mengajak kamu berkomunikasi.

Pasalnya, malam hari adalah saat-saat yang kerap dipercaya sebagai waktu terbukanya pintu dunia lain. Tidak hanya selalu berbau mistik, ada beberapa mitos terbangun tengah malam dengan alasan kesehatan.

Berikut beberapa mitos dari penyebab suka terbangun tengah malam.

ADANYA GANGGUAN KESEHATAN

Gangguan kesehatan pun sering dijadikan mitos penyebab seseorang suka terbangun tengah malam. Gangguan kesehatan tertentu yang dimaksud misalnya gangguan tidur. Namun, bisa jadi orang tersebut terkena “sleep apnea” atau sering mendengkur saat tidur.

Kabar baiknya, gangguan semacam ini bukanlah mitos belaka. Gangguan kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan seseorang terbangun tengah malam, misalnya sleep apnea, nokturia, stres, atau penyakit mental. Sebenarnya, bisa dengan mudah mengatasi masalah ini dengan konsultasi ke dokter.

ADANYA PERTANDA BURUK BAKAL TERJADI

Mitos terakhir yang menjadi alasan sering terbangun tengah malam, karena adanya pertanda buruk yang mungkin akan terjadi. Mitos pertanda buruk ini sering dianggap sebagai sinyal bagi kita atau keluarga. Umumnya, hal tersebut dikaitkan dengan kepercayaan mistis, seperti ramalan atau peristiwa yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Sayangnya, mitos terbangun tengah malam satu ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan kebenarannya juga masih diragukan. Mitos seperti ini biasanya hanya sebagai cerita turun temurun dari nenek moyang saja.

EFEK KONSUMSI MAKANAN ATAU MINUMAN

Mitos yang bukan bersifat mistis, kali ini ada makanan dan minuman yang menjadi penyebab di balik mitos terbangun tengah malam. Ada banyak mitos yang beredar, bahwa makanan dan minuman tertentu bisa membuat kamu bangun tengah malam.

Tidak hanya suka terbangun tengah malam, mitos ini juga kerap disebut sebagai penyebab sulit tidur, misalnya karena minum teh atau kopi. Jika mengonsumsi kopi berkafein sebelum tidur, bisa saja tidur kita tidak nyenyak dan justru akan terbangun saat tengah malam.

Namun, lain halnya jika kamu mengonsumsi kopi decaf alias kopi tanpa kafein. Saat mengonsumsi teh dan kopi, kita cenderung akan mengalami nokturia atau sering buang air kecil di malam hari.

MAKHLUK HALUS INGIN BERKOMUNIKASI

Mitos terbangun tengah malam bisa jadi disebabkan oleh makhluk halus yang ingin berkomunikasi dengan kita. Makhluk halus seperti hantu, setan, ataupun jin membangunkan kita karena waktu malam dianggap sebagai waktu terbukanya portal dunia lain.

Tidak hanya akan dibangunkan, mitos yang berkembang juga menyatakan jika ruangan menjadi terasa lebih dingin, itu pertanda “mereka” ingin berkomunikasi. Bisa juga ditandai dengan muncul bayangan di ujung mata. Sayangnya, hingga kini tidak ada penelitian yang dapat membuktikan kebenaran hal tersebut.

MAKHLUK HALUS INGIN MENGGANGGU

Mitos yang paling sering dianggap menjadi penyebab kamu bangun tengah malam adalah, karena adanya gangguan makhluk halus alias makhluk tidak kasat mata. Ada kepercayaan yang beredar bahwa malam hari adalah waktu yang paling sering terjadi gangguan sosok gaib, seperti setan, hantu, atau jin. Gangguan ini memang sering terjadi saat seseorang sedang tidur.

Gangguan-gangguan saat tidur yang sering dipercayai sebagai gangguan makhluk halus, misalnya merasa cemas sampai terbangun di waktu malam, sering mengigau, dan badan terasa berat dan sakit setelah bangun tidur.

Tidak hanya itu, ada juga fenomena “ketindihan” atau yang disebut juga sebagai kondisi saat kamu tidak bisa bergerak dan berbicara saat akan bangun tidur.


Help US With Share