Misteri Sejarah Bioskop Atoom yang Terbengkalai

Misteri Sejarah Bioskop Atoom yang Terbengkalai

Help US With Share

percayagapercaya.com — Salah satu bioskop yang sudah lama terbengkalai dan kini diungkit kambali. Bioskop itu adalah Bioskop Atoom, yang berlokasi di Desa Citeureup RT 03/01, Kabupaten Bogor.

Dahulunya bioskop ini selalu ramai, dikunjungi masyarakat. Namun, eksistensi bioskop ini yang tak dapat bertahan lama, tak sampai 20 tahun. Bioskop Atoom juga menutup diri utnuk penonton pada tahun 1998.

Menurut Sejarawan Kabupaten Bogor, Hendra M Astari, Bioskop Atoom ini sudah tak beroperasi 21 tahun yang lalu, tepat pada tahun 1998. Hal ini karena krisis moneter yang melanda pada Indonesia waktu itu.

“Sejarahnya itu saya pikir belum terlalu lama, yang pastinya pas kita terkena krismon tahun 1997, bioskop itu juga mulai tak beroperasi pada tahun 1998,” kata Sejarawan Kabupaten Bogor itu.

Bioskop Atoom yang merupakan bioskop pertama yang berdiri di kawasan Citeureup dan kemudian muncul bioskop-bioskop baru yang lain. “Ya dikawasan Citeureup, bioskop Atoom yang pertama berdiri,” tambah dirinya.

BACA JUGA :

Indonesia Hadir Dark Mode WhatsApp

Kemudian, ia melanjutkan saat keadaan ekonomi Indonesia memaksa banyaknya pekerja untuk diputuskan hubungan kerja atau di PHK. Ini akan mengakibatkan tempat hiburan banyak seperti bioskop banyak yang ditutup karena kurangnya penonton.

Menurut Hendra, kosongnya Bioskop Atoom bukan tanpa alasan. Ia mengatakan hanya ada dua alasan mengapa bioskop ini dibiarkan terbengkalai dan kosong seperti itu.

“Pertama, karena pemiliki yang tidak memiliki kemampuan untuk beralih usaha. Kedua, tidak adanya investor lain yang membeli,” jelasnya.

Lebih lanjutnya, kemungkinan para investor yang minat akan bangunan ini mempertimbangkan akan lokasinya yang kurang strategis. Alasan lain adalah sejak awal berdiri bioskop ini sudah harus bersaing dengan siaran TV yang sudah marak dirumah-rumah masyarakat.


Help US With Share