Misteri Rumah Hantu Darmo

Help US With Share

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar dan juga terkenal dengan julukan “Kota Pahlawan” karena sejarah perjuangan kemerdekaan dari arek-arek Suroboyo yang tidak terlupakan. Di balik sejarah penting tersebut, ternyata kota ini menyimpan segudang kisah mistis mencekam dari beberapa tempat horor, seperti Jembatan Merah, Hotel Majapahit, Pabrik Padi Ketinpang, hingga yang paling banyak orang ketahui adalah Rumah Hantu Darmo.

Rumah Hantu Darmo berlokasi di kawasan perumahan elit Darmo Permai, Surabaya. Dahulunya, tempat megah ini merupakan rumah mewah terluas yang ada di perumahan tersebut. Rumah yang angker pasti memiliki latar belakang cerita mistisnya, seperti yang populer di kalangan masyarakat Surabaya adalah misteri pesugihan dan pembunuhan.

Kondisi Rumah Hantu Darmo seiring berjalannya waktu saat ini tidak terurus sama sekali. Tidak adanya atap, cat dinding yang terkelupas, banyaknya coretan atau tulisan berwarna-warni, lumut dan semak belukar yang makin menjalar, hingga hanya menyisakan pilar-pilar dan tembok yang masih berdiri tegak di sana. Orang-orang di sekitar pun merasakan hawa yang tidak mengenakkan saat melewati rumah yang terbengkalai itu.

Pesugihan atau penumbalan bukanlah alternatif yang baik untuk mendapatkan kekayaan secara instan. Sekali saja mencobanya, maka pelaku harus menaatinya walau harus mengorbankan sesuatu yang tidak pernah dia inginkan. Konon, keluarga penghuninya pernah melakukan perjanjian dengan makhluk halus dengan memberikan tumbal setiap malam Jumat. Tumbalnya pun tidak main-main, yaitu merenggut nyawa manusia dan tidak dapat digantikan walau dengan hewan sekalipun.

Pada suatu hari, penghuni tersebut ingin menghentikan segala hal yang berkaitan pesugihan tersebut dengan cara pergi jauh menggunakan kapal laut pribadi. Namun, di tengah perjalanan pun kapal itu tenggelam secara misterius. Bahkan, bangkai kapalnya juga tidak diketahui keberadaannya.

Kepergian keluarga penghuni itu ternyata meninggalkan seorang pembantu dan baby sitter di rumah tersebut. Nasib keduanya berujung kematian, karena mereka tewas terbunuh tanpa diketahui siapa pelakunya. Setelah kejadian itu, rumah tersebut menjadi kosong tidak berpenghuni dan kemudian sempat terbakar pada 1997. Hingga kini masih menjadi misteri terkait pemicu kebakaran itu bisa terjadi.

Sejak peristiwa kebakaran pada 1997, warga sempat mendengar suara tangisan hingga munculnya penampakan perempuan berbaju putih yang sering kali berdiri di sekitar rumah tersebut. Ada kesaksian dari seorang warga yang mengaku memiliki indra keenam mendatangi Rumah Hantu Darmo dan pernah melihat sesosok makhluk bertubuh besar bersama harimau di bagian utara rumah itu. Warga sekitar merasa “terganggu” dengan keberadaan makhluk halus yang bersemayam di balik rumah angker itu.

Rumah Hantu Darmo menjadi buah bibir di antara masyarakat Surabaya. Jadi, tidak heran rumah horor ini menjadi tempat uji nyali bagi kalangan muda untuk memberanikan dirinya bertahan di suasana menyeramkan tersebut. Akan tetapi, orang-orang yang mencoba uji nyali di sana sering kali mengalami kesurupan bahkan sudah menjadi hal yang biasa terjadi oleh warga sekitar.

Rumah Hantu Darmo menjadi tempat angker terkenal di Surabaya. Meskipun menyimpan beragam cerita mistis yang masih belum tahu kebenarannya, masyarakat kerap mencoba mengunjunginya untuk merasakan sensasi horornya ataupun menjadikan rumah tersebut sebagai spot foto karena kesan tua dan lamanya. Namun, rumah tersebut telah terpasang garis polisi di sepanjang pagarnya hingga terdapat mobil patroli polisi lantaran seringnya terjadi kesurupan dan menjadi tempat untuk melakukan hal yang tidak baik.

Akan tetapi, Rumah Hantu Darmo masih meninggalkan beberapa misteri, seperti di antaranya adalah pewaris atau pemilik sah dari tempat tinggal itu.


Help US With Share