Incubus Succubus

Help US With Share

Banyak dari kita pasti pernah mendengar kata Incubus. Ini adalah nama dari salah satu band beraliran alternatif rock yang tersohor di dunia. Band Incubus terbentuk pada tahun 1991 di Calabasas, California, Amerika Serikat. Band ini beranggotakan Brandon Boyd, Mike Einziger, Jose Pasillas, Chris Kilmore, dam Ben Kenney. Namun, tahukah Anda bahwa faktanya kata incubus sendiri memiliki kaitan erat dengan sosok iblis dalam berbagai kisah mitologi.
Incubus awalnya dikisahkan berasal dari Mesopotamia sekitar 2400 SM. Salah satu deskripsi pertama tentang Incubus tertulis dalam daftarnya Raja kaum Sumarian (2400 BC) dimana ayahnya seorang pahlawan bernama Gilgamesh terdaftar sebagai Lilu (Lila). Tertulis bahwa Lilu suka mengganggu dan merayu wanita yang sedang tidur sedangkan Lilitu sosok iblis betina suka masuk kedalam mimpi erotis kaum lelaki. Ada dua iblis lainnya yang sejenis yaitu Ardat Lili yang suka mengunjungi kaum lelaki pada malam hari dan menghasilkan anak-anak dari para lelaki tersebut dan Irdu Lili sosok iblis jantan yang suka mengunjungi kaum wanita pada malam hari dan melakukan aktifitas seksual dengan mereka. Pada awalnya para iblis tersebut dikenal sebagai Iblis Badai (storm demons) tetapi sejalan dengan waktu mereka lebih dikenal dengan Iblis Malam (night demons) karena sering muncul di malam hari.
Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah sesosok setan berwujud wanita cantik yang merayu laki-laki (terutama pendeta) melalui mimpi untuk melakukan hubungan seksual.
Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah sesosok setan berwujud wanita cantik yang merayu laki-laki (terutama pendeta) melalui mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan hidup hingga korban mereka kelelahan atau meninggal. Succubus dalam wujud pria disebut Incubus.
Biasanya, untuk menjerat mangsanya, sang Succubus akan merubah dirinya menjadi wanita yang sangat cantik sehingga tidak aka nada satu lelaki pun yang bisa lolos dari godaannya. Berbeda dengan Succubus, Incubus adalah iblis penggoda yang berbentuk lelaki tampan. Sama seperti kerabatnya Succubus, Incubus akan merubah penampilannya menjadi seorang pria yang sangat tampan.
Tradisi agama meyakini, bahwa hubungan seksual diulang dengan succubus dapat mengakibatkan memburuknya kesehatan atau bahkan kematian. Mereka akan mengambil energi dari laki-laki sebagai sarangnya untuk bertahan hidup, sehingga korban mereka kelelahan atau meninggal. Succubus dalam wujud pria disebut Incubus.

Dalam representasi fiksi modern, succubus mungkin atau mungkin tidak muncul dalam mimpi dan sering digambarkan sebagai penggoda yang sangat menarik (enchantress). Padahal di masa lalu, succubi umumnya digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan jahat.

Kata succubus berasal dari bahasa Latin Akhir, succuba, yang berarti “kupu-kupu malam” (succubare “untuk berbaring di bawah”; dari sub “bawah”; cubare “berbohong”). Kata succubus pertama kalinya diperkenalkan dari tahun 1387, yang digunakan untuk menggambarkan sesosok wanita cantik supranatural.

Menurut Zohar dan Alphabet of Ben Sira, Lilith ialah istri pertama Adam yang kemudian berubah wujud menjadi succubus. Dia meninggalkan Adam dan menolak untuk kembali ke Taman Eden, setelah dia dikawinkan dengan malaikat Samael.

Dalam Kabbalah Zoharistic, ada empat jenis succubi yang dikawinkan dengan malaikat Samael. Mereka itu merupakan empat ratu asli dari Iblis, yaitu Lilith, Agrat Bat Mahlat, Naamah, dan Eisheth Zenunim.

Succubus dapat mengambil bentuk seorang gadis muda yang cantik, akan tetapi ditelusuri lebih dekat lagi mempunyai kelainan bentuk, seperti memiliki cakar burung atau berekor ular. Dalam cerita rakyat kemudian succubus berupa sirene.

Dikatakan, bahwa tindakan seksual menembus succubus, mirip dengan memasuki gua es. Ada juga yang mengatakan succubi memaksa orang untuk melakukan cunnilingus (tindakan menggunakan mulut, bibir dan lidah untung menstimulasi alat kelamin wanita) pada vagina mereka yang menetes bersama dengan urin dan cairan menjijikkan lainnya.

Sepanjang sejarah, imam dan rabi termasuk Hanina Ben Dosa dan Abaye, mencoba untuk mengekang kekuatan succubi atas manusia. Dan tidak semua succubus jahat. Menurut Walter Mapes di De Nugis Curialium (Trifles dari Istana), Paus Silvester II (999-1003) terlibat dengan succubus bernama Meridiana, yang membantunya mencapai peringkat tinggi di Gereja Katolik. Sebelum kematiannya, dia mengakui dosa-dosanya dan mati bertobat.
Ada banyak versi tentang incubus yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Di Zanzibar, incubus disebut Popo Bawa, yang dikenal suka menyerang pria dan gemar bersembunyi di balik pintu yang tertutup.

Dalam takhayul Arab, qarînah ialah roh yang mirip dengan succubus, dengan asal-usul yang mungkin dalam agama Mesir kuno atau dalam kepercayaan animisme dari Arab pra-Islam (mitologi Arab).

Dikatakan, qarînah tidur dengan orang dan memiliki hubungan saat tidur seperti diketahui di dalam mimpi. Mereka tidak terlihat, akan tetapi orang yang memiliki kemampuan dapat melihat mereka, seringkali melihat dalam bentuk kucing, anjing, atau hewan peliharaan rumah tangga lainnya.

Di Omdurman itu adalah roh yang memiliki qarînah, hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Dan orang-orang tersebut tidak bisa menikah lagi atau qarînah akan menyakiti mereka.

Di India, succubi disebut sebagai penggoda “Mohini”. Mitologi tentang Mohini, digambarkan sebagai pembunuh dari bhasma Asura. Succubi digambarkan sebagai seorang wanita yang terbungkus Saree Putih (kostum tradisional perempuan India), dengan mengikat rambutnya yang panjang.

Umumnya dikatakan dia menghantui pada jalan-jalan yang sepi. Dia meninggal akibat siksaan oleh laki-laki dan yang akhirnya dia pun menuntut balas dendam pada laki-laki manapun


Help US With Share