Makhluk Mitologi Asal Brasil

Help US With Share

Cerita rakyat Brasil kaya akan budaya dengan cerita rakyat, kepercayaan, tradisi, dan cerita tentang makhluk mistis yang tersebar di seluruh Brasil.

Sebagian besar makhluk mistis dari cerita rakyat Brasil, berasal dari mitologi dan kepercayaan asli. Selain itu, sebagian besar dari mereka dikatakan sebagai roh dan entitas yang tinggal di hutan untuk melindungi satwa liar. Berikut beberapa makhluk mitologi asal Brasil.

BOITATA

Kepercayaan populer mengatakan Boitatá adalah ular dengan api menutupi tubuh dan matanya. Tujuannya adalah untuk melindungi hutan Brazil dan satwa liar dari orang-orang yang berniat merusak alam, terutama mereka yang sengaja menyebabkan kebakaran hutan.

Legenda juga mengatakan, Boitatá dapat berubah menjadi batang kayu menyala yang membunuh manusia yang membakar hutan.

BOTO COR-DE-ROSA

Boto Cor-de-Rosa (lumba-lumba Sungai Amazon) adalah salah satu hewan liar unik di Brazil . Ini adalah spesies lumba-lumba sungai terbesar dan berubah warna dari abu-abu menjadi merah muda seiring bertambahnya usia.

Dalam cerita rakyat Brasil, Boto Cor-de-Rosa adalah makhluk ajaib yang mampu berwujud pria tampan saat larut malam. Sosok manusianya sangat menawan dan menggoda. Dia pergi ke pesta untuk mencari wanita muda yang cantik tanpa pendamping. Setelah menjadi manusia dan mengenakan jas putih, Boto merayu gadis desa ke dasar sungai untuk menghamili mereka.

Masyarakat adat percaya lubang sembur lumba-lumba Sungai Amazon tidak hilang saat Boto masih berwujud manusia. Oleh karena itu, dia perlu memakai topi untuk menyembunyikannya.
Kepercayaan populer di sekitar wilayah Amazon mengatakan anak-anak yang ayahnya tidak diketahui adalah anak Boto.

CAIPORA

Caipora adalah roh pribumi yang mungkin memiliki wujud laki-laki atau perempuan tergantung di wilayah Brasil mana cerita tersebut diceritakan. Mereka melindungi hewan dan hutan negara. Selain menakut-nakuti para pemburu dengan lolongan keras, mereka juga mengalihkan perhatian mereka dengan jalan palsu sehingga mereka tersesat di hutan.

Tujuan utama mereka adalah untuk melindungi seluruh ekosistem. Oleh karena itu, mereka mempunyai kekuatan untuk mengendalikan hewan dan menghidupkan kembali satwa liar yang terluka.
Beberapa cerita mengatakan Caipora akan muncul di hutan jika ada yang bersiul. Asal usulnya berasal dari mitologi adat Tupi-Guarani dan kata Caipora berarti ‘penghuni hutan’.

CURUPIRA

Sama seperti Caipora, Curupira adalah makhluk lain dari cerita rakyat Brasil yang bertujuan untuk melindungi hewan dan pepohonan. Dia adalah makhluk nakal dari cerita rakyat asli, dengan rambut merah cerah dan kaki menghadap ke belakang.

Curupira menggunakan kaki belakangnya untuk membuat jejak kaki yang menipu para pemburu dan penjelajah lain yang merusak hutan. Dia adalah makhluk yang kejam, mengejar dan membunuh siapa pun yang membahayakan alam.

Terlebih lagi, ketika seseorang menghilang di hutan, masyarakat percaya bahwa Curupira yang harus disalahkan.

IARA

Iara adalah putri duyung cantik berambut hitam yang memikat para nelayan dengan nyanyiannya yang indah dan memikat. Suaranya menggema di perairan dan hutan, menyihir manusia hingga ke dasar sungai. Sesampainya di sana, mereka tidak akan pernah bisa kembali ke daratan. Beberapa pria yang bisa lepas dari suara memesona IARA, menjadi gila.

MULA-SEM-CABECA

Makhluk mistis dari cerita rakyat Brazil ini adalah bagal tanpa kepala yang menyemburkan api dari lehernya. Menurut legenda, kutukan akan menimpa wanita mana pun yang memiliki hubungan romantis dengan seorang pendeta. Wanita ini kemudian menjadi badan tanpa kepala yang berlari tanpa henti melintasi hutan menakut-nakuti manusia dan hewan, melukai apa pun yang menghalanginya.

SACI PERERÊ

Saci adalah anak nakal dan suka bermain dan hanya memiliki satu kaki. Dia memakai celana pendek merah dan topi merah, dan selalu menghisap pipa. Hal yang paling dia suka lakukan adalah menyembunyikan benda-benda kecil agar orang mencarinya. Dia juga mencuri makanan yang baru dibuat dari dapur, menyembunyikan perkakas dan perkakas, membanting pintu, membangunkan orang, dan membiarkan hewan ternak hilang.

Beberapa cerita mengatakan Saci kehilangan kakinya yang lain saat melawan Capoeira. Saci suka mengolok-olok orang dan hewan di hutan tempat tinggalnya. Dia adalah anak laki-laki lucu yang senang mengerjai siapa pun di sekitarnya.

Karena topi merah ajaibnya, Saci dapat menghilang dan muncul kembali kapan pun dia mau. Mencuri topinya memang tidak mudah, namun jika ada yang berhasil melakukannya Saci akan mengabulkan permintaannya.


Help US With Share