Lukisan Dengan Aura Mistis Dan Kutuk

Help US With Share

Lukisan yang menggambarkan manusia ataupun hewan, seringkali terlihat memiliki jiwa yang ‘hidup’. Bahkan, beberapa lukisan dianggap memiliki aura mistis hingga pemilik sampai melakukan ritual khusus pembersihan. Berikut adalah lukisan yang dianggap berhantu, bahkan beberapa diantaranya dianggap sebagai penyebab kesialan hingga kematian.

Lukisan Oei Hui Lan

Ini adalah gambar lukisan pribadi dari seorang wanita bernama Oei Hui Lan, anak dari Oei Tiong Ham yang menjadi orang Indonesia paling kaya di Asia Tenggara pada abad ke-19. Oei Hui Lan lahir dan tumbuh besar di Semarang. Lukisan ini sekarang disimpan di The Sugar Baron Room, Hotel yang berada di Tugu Malang. Terdapat Aura dingin menyelimuti lukisan ini. Konon, bagi siapa saja yang berani menatap mata Oei Hui Lan dengan lama, nanti dirinya akan dikunjungi oleh roh Oei Hui Lan di kamar hotel tempat dia menginap.

Lukisan Nyi Roro Kidul

Konon, bila seseorang memandang lukisan Nyi Roro Kidul selama 15 menit, maka akan terasa ‘kehadiran’ sesuatu yang sulit diungkapkan dengan ucapan. Beberapa orang pernah merasakan bulu kuduk ‘merinding’ lalu diikuti aroma harum bunga melati dan kembang sedap malam selama beberapa detik. Ada juga yang melihat sekelebatan kain hijau disertai sayup suara ombak pantai laut selatan ketika memandangi lukisan.

Hingga saat ini, ada tiga orang yang berani melukis sosok Nyi Roro Kidul dan telah meninggal. Antara lain,  Basuki Abdullah yang tewas terbunuh dirumahnya sendiri, Suhardjo yang meninggal karena sering sakit, dan yang terakhir Didik Suardi yang meninggal setelah seminggu menyelesaikan lukisan Nyi Roro Kidul ini.

Lukisan Bernardo de Galvez

Bernardo de Galvez merupakan seorang jendral Spanyol yang membantu koloni Amerika dalam perang kemerdekaan melawan Inggris. Lukisan dirinya ini kini dipajang di Hotel Galvez, Texas. Aura mistis yang kuat menyelimuti lukisan sang Jendral, terutama bagi para turis yang berfoto di dekat lukisan. Foto wajah sang Jendral dalam foto tiba-tiba berubah menjadi tengkorak. Para pegawai Hotel yang mendapat tugas shift malam juga melaporkan, jari tangan kiri Jendral bisa bergerak dengan sendirinya.

Lukisan Diomedes Devoured

Lukisan kuda pemakan manusia merupakan tema dari mitologi yunani kuno yg dilukis oleh Gustavo Moreau (1826 – 1898). Lukisan tersebut menceritakan tentang perjalanan Hercules yang mendapat perintah harus mencuri 4 kuda (yang ternyata pemakan manusia). Di akhir kisah, Diomedes si pemilik kuda dimakan oleh kudanya sendiri. Walau tidak pernah dilaporkan bahwa lukisan ini berhantu, pengunjung museum yang memperhatikan lukisan ini selalu gelisah dan malamnya mendapatkan mimpi buruk.

Hand Resist Him

Di Bulan Februari tahun 2000, sebuah lukisan berjudul Hand Resist Him dijual di situs lelang e-Bay. Lukisan ini langsung menarik perhatian banyak orang, mereka yang melihat lukisan ini merasa merinding dan banyak yang menyatakan jika lukisan tersebut berhantu. Hingga saat ini, lukisan tersebut masih ramai dibicarakan oleh netizen apakah lukisan ini berhantu atau tidak. Artis yang melukis Hand Resist Him adalah Bill Stoneham (Stoneham Studios) yang dilukisnya pada tahun 1972.

Anak laki-laki dalam lukisan itu adalah dirinya sendiri. Jendela melambangkan hubungan antara dunia nyata dan ghaib, tangan-tangan dijendela adalah entity dari dunia ghaib, dan gadis kecil yang berbentuk boneka adalah pembimbing yang datang dari dunia ghaib itu. Bill tidak tahu mengapa lukisannya bisa sampai ke e-Bay dan dikategorikan barang telantar. Yang ia tahu adalah: pemilik galeri tempat ia dahulu menjual lukisan ini dan seorang kritikus seni dari Los Angeles Times yang pernah mereview lukisan ghaib ini, kini telah meninggal satu tahun setelah lukisan tersebut dipamerkan.

Reaksi dari orang-orang yang melihat Hand Resist Him bermacam-macam. Ada yang melaporkan merasa sakit, pingsan, ada penampakan aneh di rumah mereka, anak-anak kecil menangis terus tiap malam, 2 anak kecil dalam lukisan tersebut hidup dan bercakap-cakap, dll. Beberapa malah terlalu takut untuk melihat lukisan ini. Hand Resist Him laku dijual dengan harga $1025 dengan harga lelang awal $199.

Pogo The Clown

Dilukis oleh John Wayne Gacy, seorang pembunuh sadis yang telah merenggut nyawa lebih dari 30 anak-anak dan remaja pria. Saat membunuh, John mengenakan kostum badut yg ia sebut Pogo. Selama dipenjara saat menunggu eksekusi hukuman mati, John melukis dirinya sendiri dalam kostum Pogo Si Badut penghibur anak-anak.

Setelah ia dieksekusi, otoritas penjara melelang karya John, salah satunya adalah lukisan Pogo The Clown. Rumor mengatakan jika lukisan ini dihantui arwah John sendiri. Lukisan Pogo dibeli oleh salah satu keluarga korban John, katanya lukisan tersebut akan dibakar agar arwah John juga ikut terbakar di neraka.

The Anguish Man

Nenek dari Sean Robinson mewariskan rumah dan semua isinya pada Sean saat meninggal. Pada waktu Sean masih kecil, neneknya sering bercerita jika lukisan tersebut berhantu dan ia hanya berani menyimpannya di loteng. Ternyata, Sean tidak pernah percaya dengan cerita hantu. Setelah mewarisi semua harta dari neneknya, ia menggantung lukisan “Anguish Man” di ruang tamu.

Sejak itu, kejadian aneh mulai terjadi. Sering terdengar suara jeritan dan tangis dari dalam rumah, hingga akhirnya Sean menyimpan kembali lukisan tersebut di loteng. Walau banyak tawaran yang ingin membeli, Sean tidak bermaksud menjualnya, ia hanya memamerkan lukisan ini di youtube.


Help US With Share