Lagu Yang Diyakini Dapat Mengundang Setan

Help US With Share

Musik yang setiap hari selalu kita dengar memiliki pengaruh khusus untuk menggerakkan emosi kita. Musik dapat membuat kita menjadi riang, sedih, bahkan bisa membuat seseorang terharu dan meneteskan air mata. Konon, pengaruh khusus itu dapat dirasakan juga oleh makhluk halus yang ada di sekitar kita. Berikut beberapa judul lagu yang konon dapat mengundang hantu.

ASEREJE

Bagi yang hidup di era 90-an, pasti akrab dengan lagu Asereje yang dinyanyikan oleh group vocal Last Ketchup yang sempat menjadi lagu hits beberapa belas tahun lalu. Siapa sangka, tidak lama kemudian lagu ini menggemparkan masyarakat, karena beredar isu bahwa lagu ini adalah lagu untuk memuja setan.

Kata Diego ketika diterjemahkan dalam bahasa Amerika bagian selatan dan Spanyol merupakan kode nama dari Devil atau iblis. Sedangkan Jumat malam adalah hari kramat bagi setan di daerah Eropa dan Amerika.

Asereje, menurut suku Assab yang tinggal di bagian barat laut Afrika adalah sebuah ritual untuk memanggil arwah dari orang yang telah meninggal. Rumor yang beredar juga mengatakan sebenarnya terdapat beberapa kata yang tidak memiliki arti dalam bahasa Spanyol. Di Spanyol lagu ini juga menjadi perdebatan, bahkan diramalkan jika lagu ini dinyanyikan akan mendatangkan iblis. Lagu ini juga dianggap sebagai lagu penyambutan akan kedatangan iblis tersebut. Lagu Asereje mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati dalam memaknai lagu asing yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris.

NINA BOBO

Sebagian dari kita tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil makhluk halus. Dalam sebuah cerita yang beredar mengenai asal mula munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia – Belanda yang bernama Helenina Mustika van Rodjnik. Sangat disayangkan umur Helenina tidaklah panjang, dia meninggal saat berusia empat tahun. Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Helenina saat sedang menangis. Karena mengalami depresi dan kesedihan mendalam, ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Hingga suatu ketika, Helenina kembali ke rumahnya karena mendengar nyanyian sang ibunda.

LINGSIR WENGI

Lagu lingsir wengi sempat populer saat perilisan film Kuntilanak beberapa tahun silam. Konon, lagu ini dipercaya dapat mengundang kuntilanak. Lagu ini merupakan salah satu lagu tembang jawa yang menggunakan pakem macapat. Pakem macapat terdiri dari 11 pakem, salah satunya pakem durma yang dipakai dalam lagu lingsir wengi. Banyak masyarakat yang percaya bahwa lagu itu benar-benar dapat mengundang kuntilanak. Padahal, sejarah dari lagu ini sendiri begitu baik dan patut untuk kita ketahui.

Berdasakan sejarahnya, lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga, yang lahir sekitar tahun 1450 dengan nama kecil Raden Said. Sunan Kalijaga salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam dengan media budaya jawa, seperti wayang kulit, seni ukir, gamelan, dan yang lain. Lagu lingsir wengi diciptakan sebagai penolak bala godaan mahluk halus. Bahkan, awalnya lagu lingsir wengi ini hanya merupakan lagu kisah percintaan biasa. Namun, arti dalam lirik Lingsir Wengi inilah yang kemudian melahirkan banyak persepsi jika lagu ini adalah lagu untuk memanggil setan. Lagu Lingsir Wengi dinyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional jawa, hingga semakin melengkapi nilai mistik pada lagu ini.

MALAM SATU SURO

Malam Satu Suro sebenarnya merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa hingga saat ini. Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan. Sekilas tidak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya. Hanya saja, banyak masyarakat yang mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana. Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Suzana ternyata juga melekat pada lagu ini.

MANTRA JELANGKUNG

Nyanyian Mantra Jelangkung sering kita dengar di film-film horor Indonesia yang berjudul Tusuk Jelangkung. Jelangkung sebenarnya merupakan salah satu permainan tradisional yang dikenal untuk memanggil makhluk lain dari alam gaib.

Percaya atau tidak mungkin di antara kalian sudah ada yang membuktikan kebenaran dan keampuhan mantra ini untuk memanggil makhluk gaib. Tapi jika kalian ingin memainkan mantra tersebut, sebaiknya tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 


Help US With Share