Kota Misterius Di Skotlandia

Help US With Share

Setiap daerah biasanya memiliki sebuah legenda yang hidup di dalamnya, baik itu tentang daerah tersebut maupun hal-hal yang ada didalamnya. Misalnya seperti legenda terbentuknya danau toba dan pulau samosir, atau legenda pembangunan candi roro jonggrang yang harus dibangun oleh bandung bondowoso dalam semalam.

Legenda ataupun cerita ternyata tidak hanya ada di Indonesia saja, di luar negeri pun memiliki kisah legenda seperti di Skotlandia. Skotlandia terkenal dengan bangunan kotanya yang indah dan artistik. Di negara ini terdapat beberapa kastil yang didirikan pada abad ke-12 da ke-13. Oleh karena itu, banyak yang menyebut Skotlandia sebagai negeri dongeng di dunia nyata.

Berbicara tentang dongeng, Skotlandia juga memiliki mitologi yang kuat. Salah satu tempat yang diyakini ada dan misterius adalah Kota Brigadoon. Kota ini terletak di dataran tinggi Bonny Scotland yang selalu tertutup kabut tebal. Konon, kota ini hanya muncul satu hari dalam seratus tahun sekali. Kota ini akan terlihat selama satu hari, lalu menghilang lagi.

Legenda kota Brigadoon ini dimulai pada tahun 1754. Di tahun tersebut, kota Brigadoon tiba-tiba saja menghilang tanpa sebab. Setelah 100 tahun, kota ini pun muncul kembali. Uniknya, umur penduduk di kota Brigadoon hanya bertambah satu hari. Ini berarti, satu hari di Kota Brigadoon sama dengan 100 tahun di waktu normal.

Banyak masyarakat Skotlandia yang percaya akan keberadaan kota ini. Sebab, pernah ada sekelompok gembala yang telah melihat kota misterius ini. Saat itu, para penggembala sedang mencari makanan ternak di dataran tinggi Skotlandia. Tiba-tiba saja, suasana di sana berubah menjadi terang dan ada sinar matahari yang masuk. Di salah satu sisi lembah tersebut, mereka melihat ada sebuah kota.

Di dalam kota tersebut, terlihat ada jalan dan bangunan yang indah seperti di dalam lukisan. Mereka pun pulang untuk memberi tahu warga lain tentang apa yang mereka lihat. Sayangnya, saat mereka kembali ke sana, kota Brigadoon sudah menghilang tertutup kabut. Sejak itu, kemunculan kota Brigadoon selalu ditunggu. Konon, orang yang bisa masuk ke sana akan merasa seperti berada di taman surga.

Masyarakat percaya ada sebuah perjanjian dengan dewa yang dibuat untuk melindungi kota Brigadoon dari dunia luar. Ada peneliti dan arkeolog yang berusaha mencari bukti keberadaan kota Bridgadoon. Namun, mereka tidak pernah menemukannya. Mereka hanya akan menemukan sebuah tempat yang bernama Brigadoon, namun bukan sebuah kota.

Masyarakat yang masih percaya tentang keberadaan kota ini, merayakannya dengan parade setiap tahunnya. Parade ini dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan tari-tarian di jalan. Hal ini juga bertujuan agar legenda kota Brigadoon tetap diketahui oleh generasi-generasi selanjutnya.

Untuk mengenang bangkitnya Kota Brigadoon, maka diadakan drama musikal bertema klasik broadway. Lirik dan plot ditulis oleh Alan Jay Rener dan dimainkan oleh Frederick Loewe dengan musik yang berjudul Almost Like Being Love. Awal mula pertunjukan drama musikal ini diadakan pada tahun 1947. Drama musikal ini juga diiringi tarian serta penampilan musik tradisional khas Skotlandia. Biasanya drama musikal ini diadakan di tempat dan tahun yang berbeda.

Dengan kisah cerita yang diadaptasi dari kisah dua orang penggembala yang tersesat di Kota Brigadoon, kisah ini pun akhirnya diangkat dalam layar lebar dengan judul yang sama yang dirilis pada tanggal 15 Oktober 1966. Sang sutradara membuat film ini dengan bintang-bintang ternama asal Eropa yang terkenal pada zamannya seperti Gene Kelly dan Van Johnson. Cerita dalam film tersebut tidak jauh dari kisah mitologi Brigadoon dengan penambahan cerita romantis.


Help US With Share