Makanan Pembawa Keberuntungan Di Tahun Baru

Help US With Share

Slogan arau motivasi yang sering terdengar saat pergantian tahun baru, yaitu tahun baru semangat baru. Mungkin itu sebabnya bebeberapa negara memiliki makanan khas yang selalu disajikan di tahun baru, yang mereka yakini dapat membawa keberuntungan.

Perayaan tahun baru memang selalu dihiasi dengan berbagai tradisi. Ada yang tradisinya berupa kegiatan unik, seperti tradisi memecahkan piring di Denmark atau membunyikan lonceng hingga 108 kali di Jepang.

Namun, ada juga yang tradisinya berupa makan atau setidaknya menyajikan makanan yang dipercaya membawa keberuntungan sepanjang tahun. Berikut beberapa makanan yang dipercaya akan membawa keberuntungan sepanjang tahun.

MIE

Makanan yang satu ini sangat erat hubungannya dengan Asia, khususnya Asia Tenggara seperti negara kita. Biasanya mie dimakan saat ulang tahun, yang diyakini dapat membuat panjang umur. Namun, tidak hanya saat ulang tahun saja memakan mie. Tepat di malam pergantian tahun, mie juga dimakan agar panjang umur.

Namun, cara memakan mie tersebut tidak boleh sembarangan. Dalam memakan mie, tidak diperbolehkan memotong mie tersebut. Mie harus utuh masuk ke mulut, setelah itu baru kemudian dikunyah dan ditelan.

IKAN

Di beberapa negara, ikan dianggap sebagai makanan yang membawa keberuntungan. Alasannya dikarenakan ikan merupakan binatang yang berenang dengan satu arah, dan hal ini menjadi contoh yang baik bagi para pencari nafkah agar dapat meraih lebih banyak rezeki. Naun, jika ingin menyajikan menu ikan di tahun baru, ikannya harus utuh dari kepala hingga ekor dan jangan dipotong-potong.

SAYURAN HIJAU

Warna hijau merupakan simbol keberuntungan. Jika dilihat, banyak simbol keberuntungan di seluruh dunia yang warna hijau. Misalnya, daun clovers, uang, dan batu jade. Untuk itu, beberapa orang percaya jika sayuran hijau adalah contoh makanan yang dapat membawa keberuntungan sepanjang tahun. Beberapa sayuran hijau yang paling sering disajikan di tahun baru adalah kubis brussels, kacang polong, dan kale.

KUBIS

Di negara-negara maju seperti Jerman, Irlandia, dan Amerika Serikat, masih ada orang yang percaya ada makanan yang dapat membawa keberuntungan. Di tiga negara tersebut meyakini, bahwa kubis dapat memberikan keberuntungan dan rezeki. Hal itu dikarenakan, tiap lembarnya mirip dengan lembaran-lembaran uang. Ada yang benar-benar memakan kubis ini dengan berbagai menu masakan, namun ada juga yang hanya memajang kubis segar di meja makan.

BUAH BERWARNA KUNING DAN ORANYE

Banyak pertanyaan tentang, apa hubungannya buah berwarna kuning dan oranye dengan keberuntungan. Jika perhatikan dengan seksama, warna kuning dan oranye merupakan warna yang paling dekat dengan warna emas. Dengan memakan atau menyajikan buah-buahan berwarna kuning dan oranye, maka dipercaya keberuntungan dan nasib baik akan menyelimuti sepanjang tahun.

BUAH DELIMA

Sudah sejak jaman dahulu kala, buah delima sudah dijadikan sebagai simbol rezeki, keberuntungan, dan fertilitas di beberapa negara. Tidaklah heran jika buah ini banyak disajikan untuk mewarnai tahun baru. Beberapa negara yang percaya dengan tradisi memakan atau menyajikan buah delima di tahun baru adalah Turki dan Mediterania.

ANEKA BUAH BULAT

Menyambut tahun baru, semua orang Filipina akan menghias rumah mereka dengan segala hal yang berbentuk bundar. Cara paling mudah untuk mengikuti tradisi ini adalah menyajikan aneka buah-buahan yang berbentuk bundar. Misalnya seperti jeruk, anggur, hingga semangka. Bentuk buah yang disajikan haruslah bulat, karena bulat merepresentasikan bentuk koin yang diyakini akan memberi kemakmuran dan kesehatan sepanjang tahun.


Help US With Share