Hantu Populer Di China

Help US With Share

China adalah suatu negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan yang baik dan menarik. Namun, di China ternyata juga terkenal beberapa kisah hantu yang populer hingga ke seluruh dunia. Di China ternyata ada hantu yang cukup menyeramkan yang dibarengi dengan mitos yang berkembang di masyarakat. Hal ini tentunya juga bisa menarik perhatian banyak orang di seluruh penjuru dunia. Berikut beberapa kisah hantu populer di China.

JIANGSHI

Jiangshi adalah hantu China yang wujudnya berupa seorang vampir. Vampir dalam kisah China merupakan hantu yang populer dengan dibarengi cerita yang berkembang di masyarakat. Bentuk vampir ini dikatakan sangat mengerikan, karena vampir merupakan mayat hidup dengan wajah yang pucat dan dingin, serta masih memakai pakaian adat. Konon, vampir berkeliaran pada malam hari untuk menghisap darah manusia yang ada disekitarnya. Konon, munculnya vampir yang biasa disebut oleh Jiangshi ini adalah hantu yang ingin menyerap energi manusia lain. Dan hal mengerikan lainnya, yaitu jika seseorang telah mendapat gigitan vampir ini maka orang tersebut juga akan menjadi vampir. Menurut cerita yang berkembang, vampir dapat dihentikan dengan cara menempelkan kartu dengan mantra tertentu agar vampir kembali menjadi mayat.

BA JIAO GUI

Ba jiao gui adalah hantu yang mirip dengan kuntilanak di Indonesia. Hantu ini digambarkan sebagai hantu wanita yang mendiami pohon pisang, dan kadang muncul sambil membawa bayi. Hantu ini dipercaya dapat memberikan nomer undian bagi siapa saja yang memintanya dengan jaminan menang undian, namun syaratnya yaitu harus berhasil menyelamatkan hantu ini dari jeratan tali di pohon pisang yang dibuatnya sendiri. Jika tidak berhasil menyelamatkan hantu ini dari ikatan tali setelah menang dalam undian, maka akan mendapatkan hal buruk berupa kematian.

E GUI

Diyakini dari mitos warga China, hantu E Gui ini adalah hantu dari roh orang yang telah meninggal yang telah dikutuk menjadi hantu yang selalu kelaparan sebagai hukuman atas perilaku serakahnya di dunia saat masih hidup. Hantu ini adalah hantu hasil kutukan yang akan selalu bergentayangan untuk mencari makanan guna memuaskan rasa laparnya tersebut. Hantu E Gui digambarkan sebagai hantu yang menyeramkan dengan mulut kecil, memiliki perut buncit, dan kulitnya berwarna hijau atau abu-abu. Biasanya hantu ini akan mengganggu siapa saja yang sedang membuat makanan, dan hantu ini akan memakan apa saja yang ada di sekitarnya, tidak terkecuali makanan yang telah membusuk. Hal tersebut tentunya merupakan mitos menyeramkan yang berkembang di China.

NU GUI

Hantu nu gui merupakan hantu seorang wanita yang telah mengalami kematian. Wanita yang biasanya muncul dengan rambut panjang terurai menutupi wajahnya dengan gaun putih ini, merupakan hantu yang ingin balas dendam kepada orang yang telah menyakitinya. Hantu yang dikenal dengan hantu pendendam ini dikisahkan sebagai seorang wanita yang mati dengan cara bunuh diri karena telah mengalami perlakuan buruk pada dirinya secara seksual atau disiksa dan diambil hartanya saat masih hidup. Dengan adanya rasa ketidak tenangan saat meninggal, akhirnya Nu Gui ini menjadi hantu penasaran untuk menuntut balas dendam. Dan yang mengerikan dari hantu ini, yaitu hantu ini dapat membunuh orang yang ingin dia balas dendamnya.

GUI PO

Gui po adalah hantu yang berwujud sosok wanita tua yang ramah. Mereka mungkin adalah roh baik yang dulunya bekerja sebagai pembantu di sebuah keluarga kaya, kemudian mereka kembali untuk membantu tuan mereka dengan mengerjakan urusan rumah tangga atau mengurus anak-anak dan bayi.

WUTOU GUI

Wutou gui adalah hantu tanpa kepala yang berkeliaran tanpa tujuan yang jelas. Mereka merupakan roh-roh orang yang dibunuh dengan cara dipenggal kepalanya. Itu bisa dikarenakan berbagai sebab, misalnya eksekusi, kecelakaan dan lain-lain. Dalam beberapa cerita rakyat China, wutou gui konon akan mendekati seseorang di malam hari dan meminta kepala orang tersebut. Wutou gui terkadang juga digambarkan sebagai roh pembawa kepala.

 


Help US With Share