Berbagai Kucing Mitologi Di Dunia

Help US With Share

Mitologi dari berbagai belahan dunia telah memunculkan banyak kepercayaan mengenai berbagai mahluk aneh, termasuk kucing.  Di Jepang, pernah ada kepercayaan bahwa kucing itu dapat berjalan dengan 2 kaki dan berbicara layaknya manusia. Berikut adalah kisah aneh mengenai kucing mistis dari berbagai belahan dunia.

BIG EARS

Di Skotlandia, ada sebuah cerita mistis mengenai seekor kucing iblis yang dijuluki Big Ears. Big Ears ini dipercaya merupakan keturunan dari Irusan, seekor raja kucing di dunia mistis mereka. Orang Skotlandia percaya, bahwa kucing iblis ini merupakan kucing peramal yang dapat mengabulkan keinginan manusia. Demi mengabulkan keinginan mereka, orang-orang Pagan akan melakukan sebuah ritual yang kejam untuk memanggil Big Ears.

Ritual kejam ini dilakukan dengan cara membakar banyak kucing, namun kucing tersebut masih dalam keadaan hidup. Kejamnya lagi, ritual tersebut dilakukan selama berhari-hari. Ritual tersebut akan dilakukan tanpa henti hingga terdengar suara mengeong keras yang dipercaya berasal dari The Big Ears. Orang-orang Pagan percaya, bahwa Big Ears akan mengabulkan keinginan mereka atau bahkan memperlihatkan masa depan mereka.

KUCING PENJAGA DUNIA LAIN

Cerita kucing mistis yang berasal dari Mesir ini telah menyebar hingga ke Romawi. Bangsa Romawi kemudian membawa cerita ini ke daerah Celtic. Orang-Orang Celtic menganggap bahwa cerita kucing mistis itu adalah cerita mengenai kucing yang merupakan penjaga dunia lain. Ternyata hal itu bukanlah kepercayaan palsu belaka.

Di Irlandia ada sebuah gua yang disebut-sebut sebagai gerbang antara dunia manusia dengan dunia lain. Goa itu dinamakan dengan nama The Cave of The Cats. Dikatakan pada hari Halloween, dari dalam goa ini akan muncul para monster yang akan menakuti manusia di malam hari. Walaupun keberadaan kucing ini mungkin hanyalah mitologi, namun keberadaan gua itu benar-benar ada.

KUCING SPLINTER

Digambarkan sebagai salah satu dari hewan cryptid yang tinggal di daerah hutan di Amerika Utara, Kucing Splinter juga dideskripsikan sebagai kucing yang sangat negatif seperti contohnya sangat berisik, ceroboh, bodoh, namun memiliki kepala yang keras. Kepala yang keras ini digunakan untuk menghancurkan pohon, dengan cakarnya yang tajam ia gunakan untuk memanjat pohon.

Mereka juga dideskripsikan sebagai hewan yang aktif di malam hari dan lebih sering terlihat melakukan perburuan pada saat hujan badai untuk menyamarkan suaranya yang berisik. Makanan utama kucing ini adalah rakun serta lebah. Karena kepalanya keras, maka mereka memiliki teknik menyerang yang sama seperti banteng, dengan kepalanya mereka akan menabrak lawannya dengan sangat cepat.

BAKENEKO

Bakeneko adalah kisah mengenai kucing mistis yang berasal dari Jepang. Kisah tersebut menceritakan, pada awalnya Bakeneko merupakan kucing rumahan biasa yang tidak memiliki keistimewaan apa pun. Seiring berjalannya waktu, Bakeneko mulai berjalan menggunakan kaki belakang, mengerti bahasa manusia, bahkan dapat berbicara layaknya manusia.

Bakeneko yang telah dewasa dikatakan mampu merubah wujudnya menyerupai manusia. Di cerita yang lainnya, Bakeneko yang jahat akan memakan majikannya sendiri dan menggantikan hidup majikannya di dunia. Tapi kisah tersebut juga mengatakan bahwa tidak semua Bakeneko itu jahat, ada juga yang baik dan hanya suka berdansa.

NEKOMATA

Nekomata sudah tidak asing lagi didengar oleh banyak orang dan merupakan cerita kucing mistis yang berasal dari Jepang. Berbeda dengan Bakeneko yang tidak semuanya jahat, semua Nekomata digambarkan sebagia kucing mistis yang murni semuanya itu jahat. Nekomata tidak segan-segan untuk memakan manusia. Cerita mengenai Nekomata sudah tersebar di seluruh Jepang, bahkan kisahnya sering muncul dalam berbagai media seperti literatur dan animasi.

Menurut cerita, Nekomata yang terkuat hidup di daerah pegunungan. Mereka dikatakan memiliki mata seperti kucing, namun tubuhnya seperti anjing. Selain itu, Nekomata mampu merubah bentuk tubuhnya menjadi apapun tergantung pada kehendak mereka sendiri. Beberapa orang mengatakan, bahwa mereka pernah melihat Nekomata saat sedang berjalan di pegunungan.

CAT SITH

Memiliki nama lain yakni “Fairy Cat” atau Peri kucing. Cait Sith dideskripsikan memiliki tubuh dengan ukuran sebesar anak sapi muda, dimana seluruh tubuhnya berwarna hitam kecuali bagian dadanya yang berwarna putih. Kepercayaan akan kucing mistis ini berasal dari orang-orang Irlandia yang percaya terhadap peri.

Walaupun dikatakan berasal dari Ilandia, namun ada kepercayaan serupa dari orang-orang Skotlandia yang menganggap bahwa Cait Sith sebenarnya merupakan jelmaan penyihir. Legenda yang dipercaya orang Skotlandia mengatakan bahwa ada seorang penyihir yang mampu berubah bentuk menjadi seekor kucing sebanyak 9 kali. Perubahannya yang ke-9 akan mengakibatkan penyihir tersebut tidak bisa kembali ke wujud semula.


Help US With Share