mitologi yunani

5 Jenis Kuda Ajaib

Help US With Share

Percayagapercaya.com – Di dalam sejarah dunia, selalu sering kita mendengar berbagai macam jenis cerita legenda dan cerita mitos. Yang mana sejak zaman dahulu merupakan suatu sebuah cerita yang bagus dan unik. Berikut beberapa jenis kuda yang dikategorikan sebagai kuda ajaib:

1. Kuda Pegasus

Dari cerita mitologi Kuda Pegasus tidak luput dari cerita yunani adalah seekor Kuda Terbang. Pegasus merupakan anak dari Poseidon dan Medusa yang terkenal sebagai dewi tercantik yang berhasil dipikat oleh Poseidon. Ketika mereka melakukan hubungan badan di kuil suci milik dewi Athena. Hal itu membuat Athena marah dan mengutuk Medusa menjadi dewi ular  yang mengerikan yang di sebut Gorgon.

Medusa yang tengah mengandung itu dibunuh oleh Perseus yang diutus oleh Zeus. Saat Perseus memotong kepalanya Medusa tiba-tiba lahirlah Pegasus dan Chysaor.

Pegasus terkenal dengan makhluk yang baik dan mempunyai banyak teman pahlawan, salah satunya adalah Bellerophon seorang pahlawan Yunani, yang diutus Raja Lycia untuk membasmi monster Chimera.

2. Kuda Arion

areion

Kuda Arion atau Areion adalah Kuda Abadi yang merupakan anak dari Poseidon dan Demeter. Dari ceritanya bahwa Poseidon ingin memperkosa Demeter. Kemudian Demeter berubah menjadi kuda, tetapi Poseidon berhasil mengenali Demeter yang sudah menjadi kuda. Dengan kemampuannya Poseidon juga berubah menjadi kuda jantan dan memperkosa Demeter. Hasil dari perkosaan tersebut lahir lah Kuda Areion ini. Kuda ini terkenal dengan kelincahan dan kecepatannya juga bisa berbicara dengan manusia.

3. Xanthos dan Balios

balios

Diketahui sepasang  kuda abadi milik Achilles yang merupakan keturunan dari Zefiros yang adalah dewa angin barat dan Podarge.

Sebelumnya Xanthos dan Balios dimiliki oleh Peleus ayah Achilles. Yang dimana Peleus sendiri mendapatkan kuda tersebut sebagai hadiah pernikahannya dengan Thetis.

Saat Terjadi Perang Troya Peleus memberikan perlengkapan perang untuk Achilles diantaranya adalah kereta perang beserta kuda penariknya yaitu Xanthos dan Balios. Hera memberi Xanthos dan Balios kemampuan agar dapat berbicara dengan manusia.

4. Kuda Betina Diomedes

kuda diomedes

Diomedes adalah seorang Raksasa, Raja Thrakia yang mempunyai empat ekor kuda betina yang mempunyai kesenangan memakan daging manusia.

Herakles ditugaskan untuk menangkap kuda-kuda ini dalam rangka menyelesaikan tugas ke delapannya. Herakles membawa beberapa pemuda dan mencuri kuda-kuda ini dari Diomedes.

Ketika Herakles sedang bertarung dengan Diomedes, kuda-kuda itu memakan Abderos teman Herakles. Untuk itu Herakles membalasnya dengan membunuh Diomedes dan menyajikan dagingnya pada kuda-kudanya sendiri.

5. Kuda Hippocampus

hippocampus

Kuda ini dikenal sebagai kuda milik Poseidon yang  mempunyai kemampuan berjalan di atas air maupun di dalam air dan juga mampu untuk mengendalikan air.

Demikianlah beberapa informasi mengenai jenis kuda ajaib versi percayagapercaya.com


Help US With Share