Tokoh Besar Yang Membuat Perjanjian Dengan Setan

Help US With Share

Di dunia ini banyak tokoh yang terkenal dengan talentanya, kekayaan, kemasyuran, tahta dan kekuasaan. Beberapa orang diyakini telah menyerahkan jiwa raganya pada setan dan melakukan pemujaan pada setan agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Berikut tokoh terkenal yang menjual jiwanya kepada setan, sebagian mereka berakhir dengan kematian yang tragis dan mengenaskan.

1.St. Theophillus Adana

Kisah St. Theophillus Adana disebut sebagai kisah tertua tentang perjanjian manusia dengan setan. St. Theophillus Adana merupakan seorang uskup di Gereja pada abad ke 6 itu konon melakukan perjanjian dengan setan agar mendapatkan posisinya tersebut.

Kisah berawal dari Theopillus yang merupakan diakon agung dari Adana, terpilih menjadi uskup dengan suara bulat. Namun, Theophillus menolak untuk menjadi uskup sehingga digantikan oleh orang lain. Ketika uskup baru mencopot jabatan Theophillus sebagai diakon agung secara tidak adil, Theophillus menyesali keputusannya dan segera mencari penyihir sebagai perantara untuk menghubungi setan. Selanjutnya Theophillus berhasil menjadi uskup karena perjanjiannya dengan setan, namun kemudian dia bertobat dan memohon pengampunan.

2.Paus Sylvester II

Paus Sylvester II merupakan tokoh terkenal pada abad ke 10 dan sangat dihormati di Perancis. Paus Sylvester II memiliki pengetahuan yang sangat luas dan pernah menulis buku tentang ilmu pengetahuan alam, matematika, filosofi, musik dan teologi. Luasnya pengetahuan yang dimilikinya menyebabkan Paus Sylvester II mampu menciptakan jam pendulum dan organ hidrolik.

Dirinya tidak hanya berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, Paus Sylvester II juga berperan dalam pengenalan huruf serta angka Arab pada masyarakat Eropa di masa itu. Kecerdasan dan kejeniusan Paus Sylvester II yang nyaris sempurna, membuat orang menganggap dia memiliki kontrak dengan setan agar mendapatkan semua kecerdasan dan kejeniusannya.

3.Pastur Urbain Grandier

Pastur Urbain Grandier adalah seorang pastur dari salah satu gereja di Loudun, Roma. Disebutkan bahwa Grandier memiliki perjanjian dengan iblis ‘Asmodai’. Kisah perjanjiannya menjadi kontroversial karena disebutkan bahwa kontrak perjanjiannya dengan setan memang ada dan juga dalam kontrak tersebut terdapat segel dari setan.

Kontrak tersebut menjadi barang bukti yang menyeretnya ke ranah hukum sebagai pemuja setan. Grandier dihukum mati dengan tragis, yaitu dibakar di atas tiang. Berikut isi perjanjian Pastur Urbain dengan Setan atau Raja Iblis:

“Kami, Raja Iblis Lucifer, Setan muda, Beelzebub, Leviathan, Elimi, dan Astaroth, bersama-sama dengan yang lainnya, telah menerima perjanjian dengan Urbain Grandier, yang telah menjadi milik kami. Dan kepada dia, kami berjanji untuk memberikan cinta dari perempuan, bunga perawan, rasa hormat dari raja, kehormatan, nafsu, dan kekuatan. Dia akan pergi melacur tiga hari yang panjang; korsel akan sayang padanya. Dia menawarkan kita segel darah setahun sekali, di bawah kakinya dia akan menginjak-injak semua yang suci di gereja dan akan menanyakan kami banyak pertanyaan; dengan perjanjian ini ia akan hidup dua puluh tahun lamanya di bumi, dan kemudian akan bergabung dengan kami untuk berbuat dosa terhadap Allah”.

“Terikat di neraka, di dewan kerajaan setan penguasa keabadian dunia”.

4. Gilles de Rais

Gilles de Rais lahir di keluarga terkemuka di Brittany dan mewarisi banyak kekayaan yang banyak jumlahnya. Naasnya, Gilles de Rais mendapat banyak serangan dan membuatnya hampir jatuh miskin.

Dikatakan Gilles de Rais berusaha untuk mendapatkan kekayaannya lagi dengan mencoba okultisme serta sihir, hingga mengorbankan anaknya serta melibatkan banyak orang dengan cara menyiksa, memperkosa, bahkan membunuh.

Akibat kejahatan yang dilakukannya, Gilles diadili dengan hukuman gantung lalu tubuhnya dibakar.

5. Giuseppe Tartini

Giuseppe Tartini adalah pemain biola dan komposer asal Italia yang terkenal lewat karya-karyanya yang berfokus pada sonata dan concerto. “Iblis Trill Sonata” merupakan salah satu karyanya yang terkenal.

Ada kisah menarik dibalik karyanya tersebut, disebutkan awal terbentuknya karya tersebut berawal dari mimpinya bahwa ada setan yang mendatanginya dan memainkan biolanya. Performa setan di dalam mimpinya tersebut sangat memukau Tartini sehingga Tartini menulis sonata tersebut sambil mengingat melodi yang dia dengar dalam mimpinya.

6. Jenderal Jonathan Moulton

Jenderal Jonathan Moulton adalah Jenderal New England yang telah berpengalaman. Dirinya telah ikut berperang dalam Perang Indian, Perang Perancis, Perang King dan George.

Setelah dirinya menikah dan memiliki 11 anak, Moulton menjadi salah satu orang terkaya di New Hampshire. Disebutkan bahwa Moulton membuat perjajian dengan setan untuk mengisi sepatu bootnya dengan emas hingga penuh.

Kemudian, Moulton membuat tipu daya dengan cara melubangi sol sepatunya serta membuat lubang di bawah sepatunya. Merasa di curangi, iblis kemudian melakukan balas dendam sehingga ketika Moulton meninggal tubuhnya menghilang dari peti matinya dan diganti dengan koin bergambar setan.

7.Johann Georg Faust

Johann Georg Faust adalah seorang alkemis dan peramal dari Jerman yang dirumorkan sebagai penyihir karena melibatkan dirinya dengan berbagai praktek okultisme atau pemanggilan setan. Disebutkan bahwa Faust ingin hidup dengan penuh kesenangan dan kepuasan hingga dirinya terlibat dalam praktek okultisme tersebut.

Dikisahkan bahwa Faust berhasil menukar jiwanya dengan setan untuk pengabdian yang dilakukan setan kepadanya selama 24 tahun. Namun, belum genap perjanjian tersebut, Faust merasa menyesal dan ingin membatalkan perjanjian tersebut namun gagal dan berakhir dengan kematian yang sangat mengenaskan.

8. Cornelius Agrippa

Cornelius Agrippa merupakan penulis dimasa Reinassance Esoterika. Meskipun ia memiliki ilmu pengetahuan tentang kedokteran dan hukum, namun ia tidak pernah mendapatkan gelar. Cornelius Agrippa dianggap sebagai alkemis, peramal, penulis okultisme serta penyihir karena ia menulis buku okultisme yang dikatakan masih digunakan hingga saat ini.

Karena perannya yang memperjuangkan hak wanita serta sering membela orang yang dituduh mempraktekkan sihir, Cornelius dianggap sesat dan divonis hukuman mati. Cornelius berhasil melarikan diri dari hukuman, namun akhirnya dia menderita penyakit aneh dan langka hingga akhirnya meninggal dunia dengan mengerikan.

 


Help US With Share